1.115 Personel Polda Jatim Diterjunkan Amankan Pilkada Serentak 27 Juni

1.115 Personel Polda Jatim Diterjunkan Amankan Pilkada Serentak 27 Juni Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin memasang tanda operasi Praja Semeru 2018 pada tangan salah satu anggota tim operasi.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 1.115 personel Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Timur diterjunkan untuk pengamanan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak pada Rabu, 27 Juni 2018.

"Pasukan akan diterjunkan ke beberapa Polres, termasuk di Madura, penebalan di sejumlah Polres dan Polsek, dan beberapa di TPS (Tempat Pemungutan Suara,red). Ini nanti akan kita serahkan sepenuhnya kepada Kapolres yang sudah menghitung jumlah kekurangan," ujar Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin usai memimpin upacara Pergeseran Pasukan dalam rangka Pengamanan TPS Operasi Mantap Praja Semeru 2018, Senin (25/6).

Di wilayah Madura, Kapolda menyampaikan, kepolisian bersama 400 anggota TNI dari satuan Kostrad akan menggelar patroli gabungan guna mencegah kemungkinan terjadinya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat selama gelaran pesta politik lima tahunan ini.

"Pak Panglima (Kodam V Brawijaya) telah menggeser pasukannya ke Madura untuk penebalan kekukatan bisa dilakukan patroli gabungan. Untuk mengantisipasi orang yang akan berniat jahat," lanjutnya.

Sedangkan petugas Linmas pemerintah setempat, kata dia, akan diperbantukan melakukan pengamanan di tingkat TPS bersama Polri, serta beberapa pihak yang ditunjuk sesuai aturan Pemilu.

Kapolda mengaku, pihaknya juga telah mengecek secara menyeluruh kesiapan penyelenggaraan Pilkada di berbagai tempat, termasuk di pulau terjauh Jawa Timur.

Kapolda Bicara Soal Kerawanan di Jawa Timur

Jauh hari sebelum penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2018 di Jawa Timur, petugas kepolisian telah memetakan kerawanan daerah akibat konflik serta daerah rawan tersendatnya proses Pilkada yang disebabkan letak geografis.

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO