Kapolda Jatim Tinjau Arus Balik di Pos Pam Taman Dayu

Kapolda Jatim Tinjau Arus Balik di Pos Pam Taman Dayu Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin Didampingi Kapolres Pasuruan AKBP Raydian Kokrosono, S.I.K. dan Kasat Lantas Polres Pasuruan AKP Erika Purnama putra, S.I.K., M.H. saat berkunjung di pos pengamanan Lebaran, Taman Dayu, Pandaan, Rabu (20/06) sore.

PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin meninjau arus lalu lintas di jalan Surabaya - Malang. Sebelumnya, Kapolda Jatim memantau arus balik lewat udara di daerah Kabupaten / kota Malang, Rabu (20/06) sore tadi.

Salah satu titik yang ditinjau adalah simpang empat Taman Dayu, Kecamatan Pandaan, Kabupaten Pasuruan yang kebetulan juga berdekatan dengan pintu Tol Pandaan. 

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda menyatakan secara umum arus balik di Jawa Timur terpantau cukup lancar. Meski demikian, terdapat laporan dari pihak terkait tentang adanya antrean panjang kendaraan di sejumlah gerbang tol.

"Dari hasil investigasi, antrean tersebut disebabkan karena lambatnya sistem alat pembayaran sehingga membutuhkan waktu untuk mengakses masuk tol," ujar Irjen Pol Machfud Arifin kepada wartawan.

Untuk itu, saat ini instansi terkait masih mencari solusi terbaik agar kondisi tersebut tidak menimbulkan kemacetan parah saat puncak arus balik lebaran yang diprediksi akan terjadi pada tanggal 19 dan 20 Juni 2018.

Sebagai solusi lain, tidak akan ragu memberlakukaan diskresi, yang salah satunya menggratiskan biaya masuk jalan tol dengan syarat telah terjadi kemacetan lebih dari 3 kilometer.
"Kalau sudah macet lebih dari 3 kilometer di pintu masuk tol akibat lambatnya alat akses tersebut, maka diskresi Dirlantas untuk bisa gratis. Tentunya dengan berkoordinasi dengan pihak pengelola tol. Itu sudah kebijakan dari Kemenhub," kata dia.

Terkait hal tersebut, ia menilai antrean kendaraan masuk di sejumlah gerbang tol di Jatim masih relatif lancar. Kalaupun terjadi kemacetan, masih di kisaran satu kilometer.

Untuk itu, jajarannya dibantu dengan instansi terkait terus melakukan pemantauan agar pelaksanaan arus balik di wilayah Jawa Timur berjalan lancar. "Kondisi arus balik di jalan tol Pandaan - Malang yang dioperasikan fungsional selama masa angkutan Lebaran 2018, alhamdulillah terpantau ramai lancer," jelasnya. (psr4/par/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Akhirnya, Putra Kiai Jombang Tersangka Pencabulan Santriwati Serahkan Diri ke Polda Jatim':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO