Kamis, 18 April 2019 22:18

Sejumlah Obyek Wisata di Gresik Utara yang Menarik Dikunjungi untuk Mengisi Libur Lebaran

Minggu, 17 Juni 2018 14:28 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M Syuhud Almanfaluty
Sejumlah Obyek Wisata di Gresik Utara yang Menarik Dikunjungi untuk Mengisi Libur Lebaran
Pantai Mengare yang masih jarang dijamah wisatawan. foto: Good News from Indonesia

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Suasana libur lebaran Hari Raya tak bisa lepas dari kebiasaan masyarakat untuk mengisinya dengan berlibur ke tempat wisata. Hal ini alih-alih untuk menghilangkan rasa penat setelah setahun penuh bekerja, khususnya mereka yang bekerja di perantauan.

Di Kabupaten Gresik, khususnya di wilayah Gresik Utara banyak obyek wisata baik alam maupun bahari yang menarik untuk dikunjungi.

Berikut ini ulasan BANGSAONLINE.com tentang sejumlah obyek wisata yang bisa dimanfaatkan untuk mengisi libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H di wilayah Gresik Utara.

1. Wisata Muara Bengawan Solo (WMBS) dan Agro Wisata Petik Buah (AWPB).

Obyek wisata ini berada di Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah. WMBS adalah wisata naik perahu menyusuri aliaran Sungai Bangawan Solo yang menghubungkan ke laut lepas.

Di sana, panoramanya sangat indah. Terlebih pada pagi hari dan sore hari. Para pengunjung bisa mancing dan berselfie ria.

(Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qolib (kanan) saat mengungjungi AWPB beberapa waktu lalu)

Di Desa Pangkahwetan yang dipimpin Kepala Desa Saifullah Mahdi ini juga ada agro wisata Petik buah. Pengunjung bisa petik bermacam-macam buah di sana. Mulai jeruk, kelengkeng, rambutan, nanas, dan sejumlah buah segar lain yang ditanam.

2. Wisata Alam Gosari dan Sekapuk (Wagos).

Untuk obyek Wagos berada di Desa Gosari dan Wisata Selo Tirto Giri (Setigi) berada di Desa Sekapuk. Keduanya di Kecamatan Ujungpangkah.

Obyek wisata ini juga bisa menjadi alternatif para wisatawan untuk mengisi libur Lebaran Hari Raya Idul Fitri 1439 H.

Di kalangan masyarakat Kabupaten Gresik, Wagos terbilang baru. Namun, beberapa obyek wisata buatan yang ditawarkan sangat kekinian sehingga cocok untuk muda-mudi berlibur. Di sana juga instagramable sehingga cocok bagi yang hobi jeprat jepret karena terdapat puluhan area swafoto yang asyik.

Masih di kompleks wisata, pengunjung dapat mengunjungi situs peninggalan masa lampau berupa prasasti.

Sementara di Wisata Setigi, pengunjung dapat menikmati keindahan alam yang masih segar. Pahatan gunung kapur yang alami menjadi daya tarik untuk melakukan swafoto. 

(Wisata Setigi yang tengah hits di Gresik wilayah utara)

Menurut pengelola wisata, di areal tersebut juga akan dikembangkan berbagai fasilitas lainnya antara lain kolam air buatan.

3. Wisata Bukit Surowiti (WBS)

Obyek WBS menawarkan keindahan alam berupa pemandangan Gresik yang bisa dilihat dari atas perbukitan. Untuk mengunjunginya, pengunjung harus menaiki ribuan anak tangga.

Tapi, jika tidak mau ribet, para warga memberikan layanan ojek yang bisa mengantarkan pengunjung ke lokasi wisata, tentunya dengan merogoh kocek tambahan.

Bagi yang ingin wisata religi, di WBS juga terdapat beberapa petilasan, antara lain petilasan Kali Buntung, makam Mpu Supo (Adik Ipar Sunan Kalijaga), Makam Raden Bagus Mataram, Petilasan Tapa Ngeluweng Sunan Kalijaga, dan Gua Langseh.

Untuk memenuhi kebutuhan pengunjung, di lokasi tersebut biasanya digunakan oleh komunitas atau mahasiswa untuk olahraga panjat tebing.

4. Wisata Pasir Putih Dalegan (WPPD)

(Pantai Delegan ramai pengunjung saat libur lebaran)

WPPD merupakan salah satu obyek wisata di Desa Delegan Kecamatan Panceng yang memiliki daya tarik besar bagi wisatawan. Terbukti, objek wisata satu ini setiap musim libur penuh sesak pengunjung. Pantai dengan hamparan pasir putih dan laut yang masih biru menjadi pilihan utama keluarga untuk berlibur di Kabupaten Gresik.

WPPD menjadi primadona saat libur lebaran tiba. Lokasinya, sekitar 45 kilometer dari pusat Kota Gresik. Selain pantai yang indah nan asri serta berpasir putih, di pantai tersebut terdapat beberapa wahana buatan untuk memanjakan pengunjung.

Untuk dapat memasuki area wisata, pengunjung hanya dibebani tiket masuk Rp 10.000 untuk dewasa dan Rp 5.000 untuk anak-anak.

5. Wisata Mangrove Ujungpangkah (WMU)

Obyek WMU merupakan wisata edukasi hutan mangrove berada di Desa Banyuurip dan Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah. WMU adalah destinasi baru di Kota Pudak.

Di dua tempat wisata tersebut, pengunjung dapat menikmati keasrian alam yang masih segar. Pengunjung akan dimanjakan berbagai macam wahana untuk spot swafoto.

(Salah satu spot di Wisata Mangrove Desa Banyuurip)

Untuk dapat berkunjung ke area tersebut, wisatawan harus melewati Muara Bengawan Solo (MBS) berada di Desa Pangkahwetan dengan naik perahu. Jarak tempuhnya kurang lebih satu jam.

Begitu juga di Wisata Mangrove Banyuurip Center (MBC) yang berada di Desa Banyuurip Kecamatan Ujungpangkah. Di area tersebut selain mengetahui berbagai macam jenis pohon mangrove, pengunjung juga dapat belajar membudidayakan mangrove.

Jangan khawatir bagi muda-mudi, di dua ekowisata mangrove itu, pengelola sengaja membuat area swafoto yang kekinian sehingga cocok untuk dikunjungi.

6. Wisata Sendang Banyu Biru Lowayu (WSBBL)

Kendati baru muncul di media sosial, WSBBL ternyata sudah banyak dikunjungi wisatawan. Wisata yang berlokasi di Desa Lowayu, Kecamatan Dukun itu memang layak dikunjungi.

Sendang Banyu Biru. Kolam ini dinamai demikian karena kandungan airnya yang berwarna biru segar. Sendang yang memiliki kandungan belerang ini berada wilayah Gresik Utara. Jaraknya, kurang lebih 40 kilometer dari pusat Kota Gresik.

Untuk masuk di kawasan Banyu Biru, pengunjung tidak dipungut biaya sepeser pun. Para pengunjung bebas menikmati pemandangan di sekitar, sembari merendam kaki di Sendang Banyu Biru.

7. Petik Buah Naga Kebonagung (PBNK)

Wisata Petik Buah Naga yang berada di Desa Kebonagung, Kecamatan Ujungpangkah menjadi salah satu wisata agro yang juga menarik dikunjungi apabila anda berkesempatan ke Kabupaten Gresik. Ribuan pohon buah naga tersedia mulai dari naga merah dan putih.

Kendati baru dibuka, wisata ini sangat dikenal karena media sosial. Untuk memasuki wisata tersebut pengunjung tidak dipungut biaya. Namun, jika ingin membawa pulang buah naga, pengunjung harus membayar jumlah buah yang dipetiknya.

8. Pulau Mengare (PM)

Salah satu potensi wisata yang populer di Kabupaten Gresik Utara adalah Pantai Mengare. Pantai ini berada di satu lokasi dengan bangunan bersejarah Benteng Lodewijk.

Akses untuk menuju ke lokasi ini hanya dapat dijangkau melalui jalur laut. Sehingga untuk mengunjunginya kita harus menyewa perahu dari warga sekitar.

Selain menikmati panorama keindahan pantai, seusai berwisata pengunjung dapat menikmati aneka kuliner pesisir, salah satunya yang paling terkenal adalah Asem-asem Sembilang Pak Kasan

9. Wisata Bukit Jamur Bungah (WBJM)

WBJM berada di Kecamatan Bungah. Dinamai bukit jamur dikarenakan adanya pahatan buatan sisa eksplorasi galian C dibentuk seperti jamur. Bentuk batuan kapur yang unik membuat wisatawan betah berkunjung di sana.

Selain dimanfaatkan untuk swafoto, pengunjung juga dapat menikmati keindahan alam yang masih alami.

Namun, ketika pengunjung datang berkunjung di siang hari, jangan lupa membawa payung. Sebab, di lokasi tersebut cuacanya cukup panas. (hud/rev)

Polda Jatim Gerebek Pabrik Makanan Ringan Berbahan Tawas dan Bumbu Kadaluarsa di Sidoarjo
Jumat, 15 Maret 2019 05:14 WIB
SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Tim Satgas Pangan Polda Jatim menggerebek pabrik produksi makanan ringan (snack) di Dusun Dodokan, Desa Tanjungsari, Taman, Sidoarjo, Kamis (14/3). Dalam penggerebekan ditemukan bahan baku berbahaya dan kadaluarsa y...
Selasa, 26 Maret 2019 21:54 WIB
MADIUN, BANGSAONLINE.com - KAI Daop 7 ajak beberapa wartawan wilayah Madiun, mulai dari wartawan cetak, online, dan televisi, ke tempat bangunan bersejarah Lawang Sewu dan Stasiun Ambarawa, Selasa (26/3). Kegiatan ini dilakukan selama dua hari (25-26...
Suparto Wijoyo
Rabu, 17 April 2019 10:19 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*RABU 17 April 2019 telah beranjak dari gawe demokrasi yang amat besar bagi Republik ini. Pemilu untuk memilih capres-cawapres, caleg DPR RI maupun DPRD dan insan DPD bagi kepentingan kepemimpinan lima tahun mendatang telah usai. ...
Sabtu, 13 April 2019 11:40 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag36. Walaa taqfu maa laysa laka bihi ‘ilmun inna alssam’a waalbashara waalfu-aada kullu ulaa-ika kaana ‘anhu mas-uulaanDan janganlah kamu mengikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesun...
Dr. KH. Imam Ghazali Said.
Jumat, 01 Februari 2019 11:02 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...