Minggu, 19 Agustus 2018 10:49

H-2 Hari Raya, Antrean Kendaraan di Exit Tol Bandar Capai 1 Kilometer

Rabu, 13 Juni 2018 14:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
H-2 Hari Raya, Antrean Kendaraan di Exit Tol Bandar Capai 1 Kilometer
Kemacetan yang terjadi di pintu keluar Bandar tol Jomo. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kemacetan terjadi di pintu keluar Tol Bandar Kedungmulyo yang merupakan bagian dari tol Jombang-Mojokerto (Jomo). Antrean kendaraan mengular hingga lebih dari 1 kilometer.

Pantauan di lokasi, kemacetan ini terjadi sejak pagi, sekira pukul 06.00 WIB. Ratusan kendaraan yang melaju di tol Jomo dari arah Surabaya nampak mengular panjang di pintu keluar Tol Bandar.

Mayoritas para pemudik ini berencana menggunakan tol Kertosono-Wilangan yang difungsionalkan pada momentum lebaran tahun ini. Lantaran para pemudik ini tak ingin terjebak macet jika melintas di jalur arteri, utamanya saat melintas di Simpang Tiga Mengkreng atau Bangjuri (Jombang-Nganjuk-Kediri).

Salah seorang pengguna jalan tol Jomo mengatakan, ia terjebak kacetan di exit tol Bandar Kedungmulyo sekitar 50 menit. Pemudik asal Kota Surabaya ini memilih melintas di tol Jomo untuk menghindari kemacetan di jalur utama.

“Ini mau mudik ke Ngawi, tapi sampai di sini macet panjang banget. Sudah hampir sejam, belum bisa bayar tol,” kata Rudianto kepada awak media, Rabu (13/6/2018).

Kemacetan ini dipicu tingginya volume kendaraan yang melintas di tol Jomo. Kendati empat pintu pembayaran sudah dibuka seluruhnya. Sebab, para pengguna jalan yang akan menikmati ruas tol Kertosono-Wilangan, harus membayar tol dulu di exit tol bandar baru kemudian memutar masuk ke jalur tol fungsional.

“Iya, kan bayar dulu di sini kemudian memutar lagi. Harapannya lewat tol biar lancar, eh malah kena macet,” paparnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana mengatakan, kemacetan di pintu keluar tol Bandar ini disebabkan adanya lonjakan volume kendaraan pada H-2 Lebaran ini. Mayoritas para pemudik ingin memanfaatkan fasilitas tol untuk menghemat waktu.

“Karena mereka tidak ingin terjebak kemacetan di jalur arteri, sehingga menggunakan jalur tol. Padahal di jalur arteri juga tidak terjadi kepadatan, sehingga nanti akan kita uraikan yang di jalur tol melalui exit Tembelang,” kata Inggal.

Rencananya, para pengguna jalan menggunakan jalur tol Jomo akan diarahkan keluar melalui pintu keluar tol Tembelang. Selanjutnya, pemudik akan menggunakan jalur arteri.

“Baru nanti yang akan menggunakan ruas tol Kertosono-Wilangan yang difungsionalkan bisa masuk melalui pintu tol Bandar. Ini untuk mengurai kepadatannya,” tandasnya. (ony/rev)

Sabtu, 11 Agustus 2018 16:43 WIB
Oleh: Ach. Taufiqil Aziz*Sekitar jam 17.00, pada 9 Agustus 2018, kami sekeluarga masih menonton stasiun televisi tentang pengumuman Cawapres Jokowi. Di televisi, beberapa stasiun dan pengamat sudah menganalisa bahwa Mahfud MD (MMD) yang akan menjadi ...
Kamis, 16 Agustus 2018 17:26 WIB
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   In ahsantum ahsantum li-anfusikum wa-in asa'tum falahaa fa-idzaa jaa-a wa’du al-aakhirati liyasuu-uu wujuuhakum waliyadkhuluu almasjida kamaa dakhaluuhu awwala marratin waliyutabbiruu maa ‘al...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 08 Agustus 2018 10:41 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Asosiasi Wisata Gua Indonesia (Astaga) dan Mahasiswa Pecinta Alam (Mahipal) Unirow Tuban akhirnya memaparkan data pemetaan gua di Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban. Data tersebut dikeluarkan setelah tim me...