Kamis, 24 Januari 2019 08:24

H-2 Hari Raya, Antrean Kendaraan di Exit Tol Bandar Capai 1 Kilometer

Rabu, 13 Juni 2018 14:04 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Rony Suhartomo
H-2 Hari Raya, Antrean Kendaraan di Exit Tol Bandar Capai 1 Kilometer
Kemacetan yang terjadi di pintu keluar Bandar tol Jomo. foto: RONY S/ BANGSAONLINE

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Kemacetan terjadi di pintu keluar Tol Bandar Kedungmulyo yang merupakan bagian dari tol Jombang-Mojokerto (Jomo). Antrean kendaraan mengular hingga lebih dari 1 kilometer.

Pantauan di lokasi, kemacetan ini terjadi sejak pagi, sekira pukul 06.00 WIB. Ratusan kendaraan yang melaju di tol Jomo dari arah Surabaya nampak mengular panjang di pintu keluar Tol Bandar.

Mayoritas para pemudik ini berencana menggunakan tol Kertosono-Wilangan yang difungsionalkan pada momentum lebaran tahun ini. Lantaran para pemudik ini tak ingin terjebak macet jika melintas di jalur arteri, utamanya saat melintas di Simpang Tiga Mengkreng atau Bangjuri (Jombang-Nganjuk-Kediri).

Salah seorang pengguna jalan tol Jomo mengatakan, ia terjebak kacetan di exit tol Bandar Kedungmulyo sekitar 50 menit. Pemudik asal Kota Surabaya ini memilih melintas di tol Jomo untuk menghindari kemacetan di jalur utama.

“Ini mau mudik ke Ngawi, tapi sampai di sini macet panjang banget. Sudah hampir sejam, belum bisa bayar tol,” kata Rudianto kepada awak media, Rabu (13/6/2018).

Kemacetan ini dipicu tingginya volume kendaraan yang melintas di tol Jomo. Kendati empat pintu pembayaran sudah dibuka seluruhnya. Sebab, para pengguna jalan yang akan menikmati ruas tol Kertosono-Wilangan, harus membayar tol dulu di exit tol bandar baru kemudian memutar masuk ke jalur tol fungsional.

“Iya, kan bayar dulu di sini kemudian memutar lagi. Harapannya lewat tol biar lancar, eh malah kena macet,” paparnya.

Sementara itu, Kasatlantas Polres Jombang AKP Inggal Widya Perdana mengatakan, kemacetan di pintu keluar tol Bandar ini disebabkan adanya lonjakan volume kendaraan pada H-2 Lebaran ini. Mayoritas para pemudik ingin memanfaatkan fasilitas tol untuk menghemat waktu.

“Karena mereka tidak ingin terjebak kemacetan di jalur arteri, sehingga menggunakan jalur tol. Padahal di jalur arteri juga tidak terjadi kepadatan, sehingga nanti akan kita uraikan yang di jalur tol melalui exit Tembelang,” kata Inggal.

Rencananya, para pengguna jalan menggunakan jalur tol Jomo akan diarahkan keluar melalui pintu keluar tol Tembelang. Selanjutnya, pemudik akan menggunakan jalur arteri.

“Baru nanti yang akan menggunakan ruas tol Kertosono-Wilangan yang difungsionalkan bisa masuk melalui pintu tol Bandar. Ini untuk mengurai kepadatannya,” tandasnya. (ony/rev)

BERITA VIDEO: Tuntut Pilpres 2019 Ada Calon Independen, Inilah Sosok yang Diusung "Tikus Pithi"
Kamis, 03 Januari 2019 13:53 WIB
NGAWI, BANGSAONLINE.com - Tikus Pithi, kelompok massa yang menggelar demo di Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ngawi, Kamis (3/1) menuntut agar di Pilpres 2019 kali ini ada calon independen, alias nonparpol.Saifuddin, Korlap Tikus Pithi Ka...
Jumat, 28 Desember 2018 23:10 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Kampung Toronan Semalam yang berada di Desa Blumbungan, Kecamatan Larangan, Pamekasan, Madura memiliki keindahan tersendiri yang bisa dinikmati para wisatawan. Kampung ini cukup unik lantaran bunga Sakura yang kerap...
Suparto Wijoyo
Rabu, 23 Januari 2019 10:48 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*SAMPAI saat ini masih banyak pihak yang meramaikan debat capres-cawapres 17 Januari 2019 sambil menanti hadirnya agenda serupa 17 Februari 2019. Debat itu seolah tidak lapuk oleh hujan nan tiada kering oleh panas, seterik ap...
Sabtu, 19 Januari 2019 12:37 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.AgAl-Isra': 20-22 20. kullan numiddu haaulaa-i wahaaulaa-i min ‘athaa-i rabbika wamaa kaana ‘athaau rabbika mahtsuuraanKepada masing-masing (golongan), baik (golongan) ini (yang menginginkan dunia) maupun (gol...
Sabtu, 10 November 2018 10:00 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...