Senin, 24 Juni 2019 16:38

Nikmatnya Bubur As Syuro Peninggalan Sunan Bonang Tuban, hanya Ada di Bulan Ramadhan

Kamis, 24 Mei 2018 18:48 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Gunawan Wihandono
Nikmatnya Bubur As Syuro Peninggalan Sunan Bonang Tuban, hanya Ada di Bulan Ramadhan
Warga harus mengantre untuk mendapatkan bubur As Syuro. foto: GUNAWAN/ BANGSAONLINE

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Warga Tuban mungkin tidak asing lagi dengan bubur As Syuro yang selalu disajikan di komplek makam Sunan Bonang setiap bulan suci Ramadhan.

Ya, bubur tersebut memang lezat dan gurih karena dibuat dari resep nenek moyang. Komposisinya, selain beras, juga ada daging sapi, balungan sapi, santan kelapa, dan rempah-rempah ala Indonesia. Perpaduan bumbu-bumbu tersebut membuat bubur As Syuro memiliki rasa yang khas.

Bubur As Syuro atau dikenal bubur Harisah disajikan untuk takjil buka puasa. Untuk mendapatkan bubur ini, warga harus mengantre karena memang sangat banyak peminatnya. Mereka tak hanya menikmati lezat buburnya, namun di balik itu mereka juga berharap keberkahannya. Pasalnya, masyarakat meyakini jika pembagian bubur itu warisan Sunan Bonang.

"Buat takjil mas, di samping itu juga mencari keberkahan. Karena bubur ini sudah ada sejak dulu," ujar Amina warga sekitar saat ikut mengantre mendapatkan bubur.

Abdi Makam Sunan Bonang Tuban, Ikhwan Hadi membenarkan bahwa bubur As Syuro merupakan peninggalan Sunan Bonang yang masih dilestarikan sampai saat ini.

"Untuk memasak bubur tersebut, setiap harinya yayasan sunan Bonang meghabiskan beras sebanyak 20 kilogram, balungan sapi 10 kilogram, dan daging sapi sebayak 6 kilogram. Bubur ini hanya dibuat selama bulan suci ramadhan dan dibagikan secara gratis," katanya.

"Setiap harinya kita dapat memasak hingga dua wajan besar dan kita bagikan secara gratis kepada warga dan para jama’ah," pungkasnya. (gun/rev)

Senin, 24 Juni 2019 12:08 WIB
TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Novita Hardiny, istri dari Bupati Trenggalek Moh. Nur Arifin menegaskan kebersihan di kawasan wisata merupakan hal yang harus dijaga, baik oleh pemerintah, masyarakat, termasuk pengunjung wisata itu sendiri.Perny...
Jumat, 31 Mei 2019 21:16 WIB
Penulis: Nabrisi Rohid*Tahapan Pemilu 2019 sudah berjalan lebih dari setahun. Pada 21 Mei 2019 dini hari, KPU telah menetapkan pemenang dalam Pemilu tahun ini. Setelah itu, muncullah berbagai gerakan untuk menolak hasil Pemilu. Gerakan tersebut dikem...
Sabtu, 22 Juni 2019 17:29 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag54. Rabbukum a’lamu bikum in yasya' yarhamkum aw in yasya' yu’adzdzibkum wamaa arsalnaaka ‘alayhim wakiilaanTuhanmu lebih mengetahui tentang kamu. Jika Dia menghendaki, niscaya Dia akan memberi rahmat kepad...
Sabtu, 22 Juni 2019 13:55 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...