Pemprov Jatim akan Gelar Upacara Peringatan Harkitnas

Pemprov Jatim akan Gelar Upacara Peringatan Harkitnas Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si dalam satu acara.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jawa Timur akan menggelar upacara bendera di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Senin, 21 Mei 2018 pukul 08.00 WIB, dengan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo sebagai inspektur upacara. Upacara diselenggarakan guna memperingati Hari Kebangkitan Nasional (harkitnas) ke-110 tahun 2018.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol , Drs. Benny Sampirwanto, M.Si di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Jum'at (18/5).

“Seharusnya diperingati setiap tanggal 20 Mei. Karena bertepatan hari Minggu maka upacara dilakukan pada hari Senin-nya,” jelas Benny sambil menambahkan berbagai elemen pemerintah dan masyarakat menjadi undangan dalam upacara tingkat provinsi ini.

Diantaranya, anggota Forkopimda Jatim, Kepala Kantor Perwakilan BI Jatim, serta perwakilan organisasi keagamaan seperti Ketua DPW NU Jatim, Ketua DPW Muhammadiyah Jatim, dan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Jatim. Juga, berbagai forum etnis yang ada di Jatim seperti Nias, Minang, Sunda, dan Bugis.

Sementara itu, menjadi peserta upacara kegiatan ini antara lain gabungan TNI yakni AU, AL, AD, Polri, pramuka dan pelajar SMK. Juga, mahasiswa/menwa, Tagana/Bela Negara dan KORPRI.

Selain di Grahadi, lanjut Benny, peringatan juga dilakukan di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan .

Kebangkitan Nasionalisme

Peringatan harkitnas setiap tahun dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk memperingati kebangkitan semangat nasionalisme warga bangsa, persatuan, kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kebangkitan tersebut ditandai dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Salah satu pendiri organisasi Boedi Oetomo adalah Dr. Soetomo.

Peringatan harkitnas tahun ini mengambil tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional di Era Digital”. Usai upacara bendera, Gubernur Jatim akan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Dr. Soetomo di Jalan Bubutan, Surabaya. (ian/dur)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warga Kota Pasuruan Berebut Minyak Goreng Curah Saat Gubernur Jatim Pantau Operasi Pasar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO