Sabtu, 14 Desember 2019 04:27

Pemprov Jatim akan Gelar Upacara Peringatan Harkitnas

Jumat, 18 Mei 2018 15:53 WIB
Editor: Abdurrahman Ubaidah
Wartawan: Yudi Arianto
Pemprov Jatim akan Gelar Upacara Peringatan Harkitnas
Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si dalam satu acara.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Pemprov Jawa Timur akan menggelar upacara bendera di halaman Gedung Negara Grahadi Surabaya pada Senin, 21 Mei 2018 pukul 08.00 WIB, dengan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo sebagai inspektur upacara. Upacara diselenggarakan guna memperingati Hari Kebangkitan Nasional (harkitnas) ke-110 tahun 2018.

Hal tersebut disampaikan Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Drs. Benny Sampirwanto, M.Si di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Jum'at (18/5).

“Seharusnya Harkitnas diperingati setiap tanggal 20 Mei. Karena bertepatan hari Minggu maka upacara dilakukan pada hari Senin-nya,” jelas Benny sambil menambahkan berbagai elemen pemerintah dan masyarakat menjadi undangan dalam upacara tingkat provinsi ini.

Diantaranya, anggota Forkopimda Jatim, Kepala Kantor Perwakilan BI Jatim, serta perwakilan organisasi keagamaan seperti Ketua DPW NU Jatim, Ketua DPW Muhammadiyah Jatim, dan Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Jatim. Juga, berbagai forum etnis yang ada di Jatim seperti Nias, Minang, Sunda, dan Bugis.

Sementara itu, menjadi peserta upacara kegiatan ini antara lain gabungan TNI yakni AU, AL, AD, Polri, pramuka dan pelajar SMK. Juga, mahasiswa/menwa, Tagana/Bela Negara dan KORPRI.

Selain di Grahadi, lanjut Benny, peringatan Harkitnas juga dilakukan di Kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Jatim.

Kebangkitan Nasionalisme

Peringatan harkitnas setiap tahun dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat untuk memperingati kebangkitan semangat nasionalisme warga bangsa, persatuan, kesatuan dan kesadaran untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Kebangkitan tersebut ditandai dengan lahirnya organisasi Boedi Oetomo pada tanggal 20 Mei 1908. Salah satu pendiri organisasi Boedi Oetomo adalah Dr. Soetomo.

Peringatan harkitnas tahun ini mengambil tema “Pembangunan Sumber Daya Manusia Memperkuat Pondasi Kebangkitan Nasional di Era Digital”. Usai upacara bendera, Gubernur Jatim akan melakukan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Dr. Soetomo di Jalan Bubutan, Surabaya. (ian/dur)

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Kamis, 12 Desember 2019 12:27 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Di penghujung tahun 2019, Jawa Timur Park (JTP) 3 Kota Batu kembali menghadirkan theme park terbaru yang tidak kalah menarik dengan theme park lainnya, yakni Milenial Glow Garden (MGG). Obyek wisata Spektakuler Lighting ...
Senin, 09 Desember 2019 23:53 WIB
Oleh: Sila Basuki, S.H., M.B.A. Tren kemenangan seorang calon independen dalam pilkada Kota Surabaya akan sangat mungkin terjadi, mengingat di beberapa kota lain juga bisa terjadi. Berkat Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2008, tentang p...
Sabtu, 30 November 2019 20:10 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*76. Wa-in kaaduu layastafizzuunaka mina al-ardhi liyukhrijuuka minhaa wa-idzan laa yalbatsuuna khilaafaka illaa qaliilaan.Dan sungguh, mereka hampir membuatmu (Muhammad) gelisah di negeri (Mekah) karena engkau h...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...