Selasa, 15 Juni 2021 05:02

Kopelindo3 Kucurkan Bantuan Pendidikan Rp 381 Juta

Minggu, 31 Agustus 2014 22:59 WIB
Editor: nur syaifudin
Kopelindo3 Kucurkan Bantuan Pendidikan Rp 381 Juta
Penerima beasiswa pendidikan dari Kopelind3

Surabaya-HARIAN BANGSA


Koperasi Pegawai PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) disingkat dengan Kopelindo3, kembali memberikan penghargaan anak berprestasi dan pemberian bantuan pendidikan tahun ajaran 2013/2014. Kopelindo 3 menggandeng PT Pelindo III beserta anak perusahaannya memberikan penghargaan anak berprestasi dan bantuan pendidikan kepada sedikitnya 179 (seratus tujuh puluh sembilan) anak dengan total dana yang dikeluarkan mencapai Rp 381.000.000.


Penghargaan anak berprestasi tersebut diberikan pada anak-anak anggota Kopelindo3 yang mendapatkan prestasi (rangking 1-3) di kelasnya pada tahun ajaran 2013/2014. Sedangkan bantuan pendidikan dan bea siswa diberikan kepada anak-anak (yatim/piatu) dari mantan anggota Kopelindo3 (telah meninggal dunia) serta juga diberikan kepada anak-anak tenaga kerja khusus dilingkungan Pelabuhan Tanjung Perak dengan kriteria tertentu diantaranya memiliki penghasilan yang terbatas dalam menghidupi keluarganya. 


Selain itu pada kesempatan itu juga diberikan bantuan pendidikan kepada anak asuh/binaan Pemerintah kota Surabaya.
Pemberian penghargaan anak berprestasi dan bantuan pendidikan tahun ajaran 2013/2014 dilaksanakan pada hari Minggu, 31 Agustus 2014 bertempat di Auditorium Bromo Lantai 5 Kantor Pusat PT Pelindo III. Turut hadir dalam kesempatan tersebut diantaranya Direktur SDM dan Umum Pelindo III Toto Heli Yanto, Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya Ikhsan dan Kepala Dinas Koperasi & UKM Kota Surabaya Hadi Mulyono.

BACA JUGA : 

Hari Pendidikan Nasional, KPI Mengadakan iFEST dan Launching Kuanta

Soal Pendidikan di Masa Pandemi, Litbang Kemendikbud Ajak Seluruh Aktor Pendidikan Berkolaborasi

​Tantangan Pendidikan, Digitalisasi dan Ancaman 51, 8 % Potensi Pekerjaan Hilang

​Winner 2020, Sesi Networking Jadi Program Paling Diminati


“Direksi PT Pelindo III memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih atas inisiatif, upaya dan kerja kerasnya kepada segenap pengurus, pengawas dan karyawan Kopelindo3 sehingga dapat terselenggara kegiatan penghargaan anak berprestasi dan bantuan pendidikan, yang merupakan kegiatan mulia ini”, ungkap Direktur SDM dan Umum PT Pelindo III, Toto Heli Yanto disela-sela penyerahan penghargaan anak prestasi.


Toto yang juga Pembina Kopelindo3, berpesan kepada penerima agar bantuan pendidikan dan bea siswa yang diberikan dapat dijadikan cambuk dan motivasi untuk lebih meningkatkan prestasi dimasa mendatang serta benar-benar dimanfaatkan untuk menunjang kepentingan pendidikan.


Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua I Pengurus Kopelindo 3 Agus Hermawan mengatakan, bahwa berdasarkan hasil audit atas laporan Keuangan Koperasi Pegawai Pelindo III Surabaya Koperasi Pegawai Pelindo III Surabaya Tahun Buku 2013 yang diaudit oleh Kantor Akuntan Publik Krisnawan, Achsin dan Alamsyah nomor : GA.C/14.021004/KPPI-HK tanggal 21 April 2014 dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)”.


“Kinerja pengelolaan Koperasi tahun buku 2013 secara umum mengalami peningkatan dan melampaui anggaran/target yang telah ditetapkan. Realisasi pendapatan tercatat Rp. 58,665 miliar atau malampaui target sebesar 140% dan mengalami kenaikan 115% dibandingkan dengan pendapatan tahun buku sebelumnya. Sedangkan total aset Kopelindo III per 31 Desember 2013 mencapai Rp. 19,228 miliar mengalami peningkatan sebesar 116% dibandingkan dengan tahun 2012”, jelas Agus.


“Kopelindo3 berkiprah dalam bidang sosial dan ekonomi. Sosial diwujudkan dengan pemberdayaan bidang pendidikan seperti pemberian bantuan pendidikan dan bea siswa seperti saat ini, sedangkan ekonomi dalam bentuk penyelenggaraan kegiatan koperasi dengan baik,’’ pungkasnya.


“Kopelindo3 telah secara rutin dan konsisten sejak tahun 2004 melaksanakan program penghargaan anak berprestasi dan bantuan pendidikan kepada anak anggota yang kurang mampu serta putra putri cleaning service, tenaga foto copy dan pengemudi yang merupakan tenaga kerja di Kopelindo3”, ujar Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto yang juga menjabat sebagai Sekretaris II Pengurus Kopelindo3.
Edi mengatakan perkembangan Kopelindo3 dari tahun ke tahun cukup menggembirakan, sehingga sebagai bentuk rasa syukur, selalu dilakukan pemberian bantuan pendidikan (beasiswa) dan penghargaan anak berprestasi sesuai dengan kriteria dan kategori yang telah ditetapkan. 

“Itu juga bentuk komitmen Kopelindo3 terhadap dunia pendidikan,’’ katanya.


Edi lebih lanjut merinci, Kopelindo3 merupakan koperasi yang dianggotai oleh pegawai aktif di PT Pelindo III dan anak perusahaannya. Saat ini jumlah anggotanya telah mencapai 2.125 anggota. Banyak usaha yang dikelola koperasi tersebut, diantaranya jasa simpan pinjam, tour-travel dan wisata bahari, persewaan/rental kendaraan, unit pertokoan, layanan cetak dokumen dan jasa kebersihan gedung, kolam pelabuhan serta jasa pengamanan. Dari banyaknya usaha yang dikelola itu, aset yang terkumpul cukup besar, sampai dengan Desember 2013 lalu telah mencapai Rp 19,228 miliar. Jumlah itu diupayakan selalu meningkat dari tahun ke tahun.


’’Tentunya dengan dukungan semua pihak, baik dari pengurus, pengawas dan anggota Kopelindo3. Tanpa peran mereka, pertumbuhan Kopelindo3 tidak akan maksimal,’’ pungkasnya.

Sumber: humas
Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...