Menteri BUMN Panen Perdana di Kawasan Kerja PG Gempolkerep

Menteri BUMN Panen Perdana di Kawasan Kerja PG Gempolkerep Menteri saat mencoba mesin panen tebu. Foto: SOFFAN/BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Menteri BUMN Rini M. Soemarno melakukan panen perdana tanaman tebu di wilayah PTPN X (sepuluh) atau tepatnya di kawasan kerja Pabrik Gula (PG) Gempolkerep di Desa Mojosarirejo, Kecamatan Kemlagi, Kabupaten Mojokerto, Senin (14/5). 

Selain panen perdana, Menteri BUMN juga melihat pelaksanaan program padat karya berupa normalisasi sungai dan memberikan secara langsung bantuan BUMN dan CSR.

Saat ditemui, Rini menyampaikan bahwa di wilayah kerja PG Gempolkrep ini pihaknya sudah memberikan kepada masyarakat pendapatan tambahan yakni dengan melakukan perbaikan irigasi dan bantuan bibit unggul. 

“Jadi ini adalah CSR dari BUMN, selain program normalisasi sungai, ke depan secara terus menerus akan kita berikan bantuan bibit unggul agar kualitas hasil panen bisa lebih baik, kita targetkan di kawasan ini hasil panennya dapat mencapai 110 ton dan untuk rendemen diusahakan mencapai 9 pesen,” jelasnya.

Selain itu, masyarakat di Desa Mojosarirejo ini ke depan akan mendapatkan bantuan yakni berupa kendaraan traktor, pupuk organik dan kredit usaha rakyat yang sudah dicanangkan Bapak Persiden Joko Widodo sekitar 7 persen.

Seperti diiformasikan, kinerja operasional PG. Gempolkrep di tahun 2018 ini secara keseluruhan mempunyai luas lahan sekitar 14.775 hektar dan untuk jumlah petaninya ada sekitar 4.257 orang. Mengenai hasil panen berupa tebu giling mencapai jumlah 1.082.200 ton.

Dari angka tersebut, produksi gula berdasar dari hasil rekap tahun 2018 ini ada sebanyak 71.149 ton atau sekitar 21 persen di wilayah kerja PTPN X. Ini setara dengan nilai pendapatan yang di capai yakni sekitar Rp 339.350.605.874 atau 13 persen dari jumlah keseluruhan pendapata PG lain atau usaha lainnya. (sof/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Emak-emak di Surabaya Kecewa Tak Bisa Foto Bareng Jokowi':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO