Ansor Sidoarjo Ajak Bonek, Deltras Mania, FKPPI dan Oi Bersih-bersih Makam

Ansor Sidoarjo Ajak Bonek, Deltras Mania, FKPPI dan Oi Bersih-bersih Makam Banser, Bonek, Deltras Mania, FKPPI, Oi, bersama personil TNI dan Polri bakal membersihkan makam-makam dan masjid yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Banser, , Deltras Mania, FKPPI, Oi, bersama personil TNI dan Polri bakal membersihkan makam-makam dan masjid yang ada di seluruh wilayah Kabupaten Sidoarjo.

Kegiatan menyambut Ramadan tersebut bakal dilakukan serentak di 18 kecamatan di Sidoarjo, Kamis (10/5). Di setiap kecamatan, ada satu masjid dan satu makam yang menjadi sasaran kegiatan ini.

"Titik-titiknya sudah kami pastikan dalam rapat ini," ungkap Ketua GP Ansor Sidoarjo Riza Ali Faizin usai menggelar rapat kordinasi bersama para perwakilan , Deltras, Oi, FKPPI, TNI dan Polri di Sidoarjo, Rabu (9/5) petang.

Anggota Ansor dan Banser yang akan dikerahkan dalam kegiatan ini ada sekitar 500 orang. Sementara anggota TNI dan Polri sekitar 130 orang.

Sedangkan dan elemen lain juga terhitung ada ratusan orang yang siap ikut bersih-bersih. "Di setiap lokasi, minimal ada 20 orang ," ujar Muhammad Ilham, perwakilan yang ikut dalam rapat.

Semua pihak sepakat bahwa kegiatan ini murni sosial. Sehingga, tidak boleh ada atribut partai atau atribut politik apapun selama kegiatan berlangsung.

Seperti biasa, setiap kali menjelang Ramadan masyarakat Jawa, khususnya Sidoarjo, selalu sambang ke makam untuk berziarah dan mendoakan leluhur maupun orang tua yang sudah meninggal.

"Nah, sebelum warga ramai-ramai ke makam, para pemuda itu berinisiatif membersihkannya terlebih dulu. Supaya saat warga ke makam, semua sudah bersih," lanjut Riza.

Dengan begitu, warga bakal merasa nyaman saat berziarah menjelang Ramadan. Demikian halnya Masjid, sengaja dipilih untuk dibersihkan supaya ketika Ramadan nanti umat muslim benar-benar nyaman menjalankan ibadahnya di masjid. (cat/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO