Jumat, 18 Oktober 2019 02:13

Gelar Ops 12 Hari, Polresta Sidoarjo Tindak 16 Ribu Kendaraan

Selasa, 08 Mei 2018 00:01 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Catur Andy
Gelar Ops 12 Hari, Polresta Sidoarjo Tindak 16 Ribu Kendaraan

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Belum semua warga patuh pada peraturan lalu lintas. Dasarnya adalah jumlah penindakan jajaran kepolisian pada Operasi Patuh Semeru (OPS) 2018. Hanya dalam kurun waktu 12 hari, angka penindakan sudah mencapai 16 ribu.

Wakasatlantas Polresta Sidoarjo AKP I Gusti Made Merta menyatakan, operasi terpusat yang berlangsung selama dua pekan itu memang mengedepankan penindakan. 

"Jadi, petugas yang menemukan pelanggaran tidak akan segan untuk langsung memberikan surat tilang. Biar ada efek jera yang dirasakan,” tuturnya, Senin (7/5).

Mengabaikan peraturan lalu lintas, kata dia, tidak bisa ditolerir. Sebab, tidak sedikit kasus kecelakaan yang disebabkan kelalaian. Misalnya, mengendarai motor tanpa menggunakan helm, boncengan tiga, atau membawa kendaraan meski belum mengantongi lisensi berkendara. “Jelang puasa, kami harus lebih giat meningkatkan kesadaran berlalu lintas masyarakat,” terangnya.

Bukan tanpa alasan. Dari analisa yang dilakukan, mobilitas warga diprediksi bakal lebih meningkat dari biasanya. Jika pengendara tidak mematuhi peraturan, bisa jadi angka kecelakaan lalu lintas akan terus bertambah. “Operasi terpusat ini adalah antisipasi dari polisi. Jangan sampai pada momen lebaran banyak korban berjatuhan di jalan,” ungkapnya.

Gusti mengatakan, penindakan terhadap pelanggar lalu lintas digelar di seluruh tempat yang terindikasi rawan. Jadi, polsek jajaran turut serta melakukan razia di wilayah. “Hingga hari ini total pelanggar sudah mencapai 16 ribu,” sebutnya.

Mayoritas pengendara yang mendapat hadiah surat tilang adalah anak di bawah umur. Utamanya pelajar yang membawa motor ke sekolah. Jumlahnya nyaris setengah dari total penindakan. Fenomena pelajar bermotor itu merupakan salah satu atensi polisi sejak dua tahun terakhir. “Orang tua seharusnya ikut melarang. Bukan justru mengizinkan dengan alasan sibuk dengan pekerjaan,” tuturnya.

Memberi izin bocah mengendarai motor sendiri, kata dia, ibarat bom waktu. Lambat laun petaka bisa jadi. Sebab, emosi berkendara mereka masih belum stabil. Jadi, rawan membuat keputusan yang salah di jalan. Diantaranya melaju ugal-ugalan atau mendahului dari samping kiri. “Diluar operasi terpusat, kami akan terus gelar razia untuk menyukseskan program Save Our Student,” ucap polisi dengan tiga balok di pundak itu.

Jalan Pahlawan, Sidoarjo, merupakan salah satu titik rawan pelanggaran yang dikantongi petugas. Letaknya yang strategis di jantung kota kerap dilalui banyak pengendara. “Hampir setiap hari kita operasi, tidak sedikit juga pelanggar yang lewat,” ungkapnya.

Mantan Kasatlantas Polres Nganjuk itu berharap penindakan yang digelar secara masif dapat menggubah pola pikir warga. Dari yang abai menjadi pelopor tertib berlalu lintas. “Merujuk undang-undang, salah satu tugas kepolisian adalah mengingatkan masyarakat untuk selalu mematuhi peraturan,” paparnya. (cat/ian)

Bandeng Jelak Khas Kota Pasuruan yang Tinggi Protein, Yuk Makan Ikan!
Minggu, 28 April 2019 01:01 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Kali ini Shania Indira Putri, Duta Gemarikan Kota Pasuruan, melihat lebih dekat bagaimana proses pemanenan ikan Bandeng Jelak khas Kota Pasuruan. Sekali panen, ikan ini air tawar ini bisa menghasilkan 600 hingga 120...
Jumat, 18 Oktober 2019 01:53 WIB
SITUBONDO, BANGSAONLINE.com - Komunitas Mahasiswa Generasi Bari Indonesia (GenBI) Jember melakukan penanaman terumbu karang di laut dangkal objek wisata Pasir Putih Situbondo, Kamis (17/10).Selain itu, komunitas mahasiswa penerima beasiswa Bank ...
Rabu, 16 Oktober 2019 11:21 WIB
Oleh: Khariri Makmun*Fenomena semangat keberagamaan di tanah air semakin meningkat, hal itu ditandai dengan maraknya gelombang hijrah baik di kalangan artis, publik figur, maupun orang awam. Masifnya dakwah di media sosial disambut baik oleh netizen ...
Minggu, 06 Oktober 2019 22:56 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*70. Walaqad karramnaa banii aadama wahamalnaahum fii albarri waalbahri warazaqnaahum mina alththhayyibaati wafadhdhalnaahum ‘alaa katsiirin mimman khalaqnaa tafdhiilaan.Dan sungguh, Kami telah memuliakan ...
Minggu, 22 September 2019 14:08 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<<...