Peringati Hari Kebebasan Pers Dunia, Tiga Organisasi Pers Kota Malang Lakukan Ini

Peringati Hari Kebebasan Pers Dunia, Tiga Organisasi Pers Kota Malang Lakukan Ini

MALANG, BANGSAONLINE.com - Memperingati kebebasan pers dunia yang jatuh pada 3 Mei setiap tahunnya, tiga organisasi pers di Kota menggelar mimbar bebas di alun-alun merdeka Kota , Rabu (3/5).

Tiga organisasi pers itu yakni Aliansi Jurnalis Independen (AJI), Pewarta Foto Indonesia (PFI) dan Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI).

Mereka menggelar mimbar bebas guna menyuarakan penolakan terhadap berita hoax serta stop kekerasan terhadap jurnalis.

Dalam mimbar bebas ini setiap perwakilan dari organisasi pers tersebut secara bergantian melakukan orasi. Dalam orasi tersebut pada prinsipnya mereka meminta kepada setiap warga masyarakat untuk berhati hati dalam menerima berita-berita yang belum tentu akurat nilai kebenarannya.

"Selain itu, aksi kali ini juga dikampanyekan kepada masyarakat luas, agar bijak dalam menggunakan media sosial. Lain dari itu kekerasan terhadap jurnalis yang sering menimpanya juga harus lebih ditekan lagi,” pinta Bayu Yudha Prabowo selaku Ketua PFI.

Menurutnya dengan mudahnya masyarakat mengakses media sosial saat ini, maka segala informasi yang masuk harus benar benar di pilih dan disaring dengan sungguh sunggu. Ia juga meminta masyarakat untuk tidak mudah menyebarkan berita yang belum tentu benar tersebut. 

Selain mimbar bebas kegiatan ini juga dimeriahkan dengan pameran foto dari pewarta foto Indonesia. (thu/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Warung Bebek Goreng H. Slamet di Kota Malang Terbakar':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO