Promosikan Budaya dan Seni Osing, Disbudpar Banyuwangi Gelar Aktualisasi Seni

Promosikan Budaya dan Seni Osing, Disbudpar Banyuwangi Gelar Aktualisasi Seni

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Banyuwangi mengadakan aktulisasi seni dan budaya di pentas Taman Blambangan, Sabtu (28/4) malam.

Aktulisasi ini sebagai bentuk wadah untuk mempromosikan dan memperkenalkan budaya dan seni Osing Banyuwangi ke masyarakat luas. Sanggar Dewi Sri yang ditunjuk sebagai penampil menyuguhkan seni aneka tari-tarian dan lawak yang mengangkat tema kerakyatan. Antusias penonton yang ramai membuat pagelaran aktualisasi seni ini semakin meriah.

Indra Gunawan, pimpinan rumah sanggar seni Dewi Sri yang bermarkas di Desa Alasmalang, Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi Jatim mengatakan bahwa sanggar seninya ditunjuk sebagai penampil dan penghibur masyarakat Banyuwangi.

"Pada malam ini, Kami menampilkan tari tarian dengan mengangkat cerita budaya masyarakat osing seperti tarian jejer gandrung jaran dawok, Pitik pitikan, Tunduk menor, Jaran buto dan meras kebo. Selain aneka tari tarian sanggar seni kami juga menyuguhkan dagelan osing (Lawak) pilus junior," terangnya.

Indra juga berharap dengan diadakannya aktualisasi seni dan budaya osing di Taman Blambangan. Semoga masyarakat bisa mengapresiasi dan menikmati penyajian penampilan dari sanggar Dewi Sri maupun sanggar-sanggar lain yang tampil pagelaran aktualisasi ini," jelasnya. (gda/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO