Rabu, 12 Mei 2021 03:23

Setigi, Wisata Eks Tambang yang Jadi Primadona di Sekapuk Ujungpangkah

Minggu, 29 April 2018 15:06 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: M. Syuhud Almanfaluty
Setigi, Wisata Eks Tambang yang Jadi Primadona di Sekapuk Ujungpangkah
Rombongan Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qolib, Ketua AKD Nurul Yatim, dan Kades Sekapuk Abdul Halim berpose dengan latar belakang Setigi. foto: ist

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Minimnya perhatian Pemkab Gresik untuk mengembangkan wisata di Kota Pudak membuat para Kades yang wilayahnya mempunyai potensi terpaksa harus berjibaku sendiri untuk mengelola obyek wisatanya agar bisa menarik wisatawan.

Setelah Desa Pangkahwetan Kecamatan Ujungpangkah yang mengeluhkan hal tersebut, hal yang sama dirasakan Desa Sekapuk, Kecamatan yang sama. Pemdes Sekapuk secara swadaya menyulap eks tambang perbukitan kapur menjadi kawasan Wisata Setigi yang sangat digandrungi generasi milenial untuk swafoto.

Nama Setigi sendiri merupakan singkatan dari Selo Tirto Giri yang memiliki arti Batu, Air dan Bukit. Ketiga elemen tersebut saat ini menjadi andalan warga Sekapuk.

Lahan-lahan eks galian penambang kapur tradisional yang luasnya hektaran ini menciptakan pesona dinding bukit kapur yang indah dan menawan bak pahatan seniman. Cocok untuk berfoto ria.

BACA JUGA : 

Dirjen Kebudayaan Kemendikbud RI Kunjungi Wisata Alam Setigi Gresik

Wisata Setigi Sekapuk Gresik Tambah Wahana Kolam Banyu Gentong

Kades Sekapuk, Sang Inisiator Setigi Raih Penghargaan The Most Excellent Figure

​Setigi, Wisata Desa Miliarder Gresik, Raih Berbagai Penghargaan Internasional sekelas Borobudur

Wakil Ketua DPRD Gresik Nur Qolib yang sempat mengunjungi tempat tersebut mengaku takjub dengan banyaknya destinasi wisata di Kecamatan Ujungpangkah, salah satunya di Sekapuk yang menawarkan Setigi.

Didampingi Ketua Asosiasi Kepala Desa (AKD) Kabupaten Gresik Nurul Yatim, Nur Qolib meminta agar wisata tersebut terus dikembangkan. Berdasarkan data yang masuk kepadanya, obyek wisata tersebut sudah mendapat sambutan hangat wisatawan. Bahkan, sampai jadi tempat syuting sebuah acara televisi.

"Harus dikembangkan dan pemerintah wajib mem-back up. Diharapkan adanya sejumlah obyek wisata di sejumlah desa, nantinya bisa dibuatkan program paket wisata. Sehingga, semua obyek yang ada bisa dikunjungi wisatawan," terang politikus PPP ini.

Kepala Desa Sekapuk Abdul Halim membenarkan jika Wisata Setigi akhir-akhir ini menjadi daya tarik wisatawan. "Kami punya peluang jadi gerbang wisata. Mengingat di sini merupakan jalan lewatan wisatawan yang mau ke Wisata Bahari Lamongan (WBL) dan Pantai Dalegan Panceng. Sehingga sebelum mencapai sana sangat pas mampir ke Wisata Setigi. Sayang, sampai saat ini belum digarap dan dimanfaatkan maksimal," paparnya.

Padahal, menurut Abdul Halim, kawasan setigi secara otomatis akan membuka lowongan kerja dan membuat geliat ekonomi masyarakat tumbuh apabila digarap maksimal. Karena itu, ia mengaku saat ini pihak desa sedang melengkapi fasilitas-fasilitas penunjang wisata, seperti stand-stand yang berisi aneka kuliner dan kerajinan khas Desa Sekapuk, kolam air, serta tempat penginapan di rumah-rumah warga.

"Kami sengaja siapkan semua agar wisatawan senang dan nyaman berkunjung di sini," pungkasnya. (hud/rev)

Jual Telur Infertil, 2 Warga Pasuruan Dicokok Polisi
Senin, 10 Mei 2021 23:24 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Aparat Polres Pasuruan mengamankan 2 orang pelaku perdagangan telur ayam infertil. Selain memperdagangkan telur infertil atau afkir, keduanya juga menjual limbah telur tak layak konsumsi, kepada produsen roti rumahan...
Jumat, 16 April 2021 16:59 WIB
BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Banyuwangi memiliki cara menarik untuk memelihara infrastruktur fisiknya. Salah satunya, dengan menggelar festival kuliner di sepanjang pinggiran saluran primer Dam Limo, Kecamatan Tegaldlimo be...
Selasa, 11 Mei 2021 06:09 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com – Penangkapan Bupati Nganjuk Novi Rahman Hidayat mengagetkan banyak pihak. Terutama karena itu terkenal sebagai pengusaha kaya raya. Bahkan mengaku punya 36 perusahaan.Tapi Dahlan Iskan mengaku kaget dan tidak kaget? Kena...
Rabu, 28 April 2021 14:16 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*61. falammaa balaghaa majma’a baynihimaa nasiyaa huutahumaa faittakhadza sabiilahu fii albahri sarabaanMaka ketika mereka sampai ke pertemuan dua laut itu, mereka lupa ikannya, lalu (ikan) itu melompat mengamb...
Sabtu, 08 Mei 2021 11:38 WIB
Selama Bulan Ramadan dan ibadah puasa, rubrik ini akan menjawab pertanyaan soal-soal puasa. Tanya-Jawab tetap akan diasuh Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A., Dekan Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA) d...