Selasa, 15 Juni 2021 04:56

Plh Gubernur Jatim Buka Majapahit Travel Fair ke-19

Sabtu, 14 April 2018 15:29 WIB
Editor: Revol Afkar
Wartawan: Yudi Arianto
Plh Gubernur Jatim Buka Majapahit Travel Fair ke-19
Plh Gubernur Jatim Dr AKH Sukardi, MM ditemani Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Dr. H. Jarianto, M.Si, membuka Acara Majapahit Travel Fair di Grand City Surabaya.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Kinerja sektor pariwisata di Jawa Timur terus menunjukkan tren positif. Dalam lima tahun terakhir, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Jatim mengalami kenaikan sebesar 7,9%. Kemudian pada tahun 2013 hingga 2017, jumlah pergerakan wisatawan nusantara mengalami kenaikan rata-rata sebesar 8,2%.

“PDRB sektor pariwisata Jatim juga tumbuh cukup signifikan dalam lima tahun terakhir, dengan rata rata kenaikan sebesar 11,8 %” kata Plh Gubernur Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM saat Membuka Majapahit Travel Fair (MTF) ke-19 Tahun 2018 di Grand City Convex Hall Surabaya, Kamis (12/4) malam.

Sukardi mengatakan, tren tersebut menunjukkan bahwa pariwisata merupakan sektor yang memiliki peran penting terhadap perekonomian di Jatim. Karena itu, pemerintah benar-benar menggarap sektor ini dengan serius, salah satunya dengan menyelenggarakan MTF ini.

“Saya mendukung sepenuhnya event tahunan MTF sebagai media ntuk mempromosikan, serta menjual budaya dan pariwisata yang tersebar di seluruh kabupaten dan kota di Jatim, baik secara nasional maupun internasional,” katanya.

BACA JUGA : 

Tiga Warga Jatim Terinfeksi Varian Baru Covid-19 Asal India

Beri Peluang UMKM Melalui Digitalisasi Sistem, Gubernur ​Khofifah Terinspirasi Jack Ma

DPRD Jatim Ingatkan Ledakan Covid-19 di Bangkalan Bisa Merembet ke Surabaya

Antisipasi Peningkatan Kasus Covid-19 di Jatim, Forkopimda Gelar Rapat Koordinasi bersama BNPB

MTF, lanjut Sukardi, merupakan event kebanggaan pelaku pariwisata dan masyarakat Jatim, karena merupakan ajang pertemuan bisnis dan promosi pariwisata berskala internasional, yang diikuti oleh para pelaku pariwisata dari dalam dan luar negeri, serta menghasilkan transaksi yang mengalami kenaikan dari tahun ke tahun.

“Rata-rata kenaikan transaksi bisa mencapai 8,6% dalam lima tahun terakhir, dan berdasarkan pengalaman yang panjang dan sukses yang dicapai selama delapan belas kali pelaksanaan MTF, kami optimis tahun ini bisa meningkat,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Dr. H. Jarianto, M.Si mengatakan, transaksi Travel Exchange (Travex) pada hari pertama MTF menunjukkan progress memuaskan, dimana transaksi yang dihasilkan mencapai Rp. 57,9 miliar, atau meningkat 5% dibandingkan tahun 2017 yang mencatatkan transaksi Rp 55 miliar.

Dari nominal tersebut, diketahui produk wisata yang paling diminati para buyer adalah Gunung Bromo, Kota Batu, Kota Malang, Taman Nasional Baluran, Kawah Ijen, dan Surabaya City Tour.

“Buyer yang mengikuti event ini berasal dari negara yang merupakan target pasar Jatim,” katanya.

Ditambahkan, pada tahun 2017 lalu, hasil transaksi dari pameran dan bursa pariwisata tercatat sebesar Rp. 3,05 miliar, atau meningkat sebanyak 26,6% dari tahun 2016 yang mencapai Rp. 2,41 miliar. 

“Kami berharap tahun 2018 ini hasil transaksinya lebih meningkat dari tahun sebelumnya” pungkasnya.

Event MTF ini dimeriahkan oleh 170 peserta yang terdiri dari para pelaku pariwisata, baik pengusaha, instansi pemerintah, swasta, kampus-kampus yang bergerak di kepariwisataan, dan pengusaha pariwisata. Hadir dalam kesempatan ini, para perwakilan negara sahabat, bupati/walikota di Jatim, delegasi sister province, ketua asosiasi pariwisata di Jatim, para buyer, seller, masyarakat, dan awak media. (ian/dev/rev)

Demam Euro 2021, Warga Desa di Pasuruan Ini Kibarkan Ratusan Bendera Ukuran Raksasa
Senin, 14 Juni 2021 23:58 WIB
PASURUAN, BANGSAONLINE.com - Euforia sepak bola Piala Eropa atau Euro tahun 2021 menggema di seluruh penjuru dunia, tak terkecuali di tanah air. Warga pesisir di Kabupaten Pasuruan misalnya, mereka ikut memeriahkan perhelatan Euro 2021 dengan mema...
Jumat, 04 Juni 2021 10:27 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Bukit Kehi, destinasi wisata yang satu ini berada di Kota Pamekasan. Bukit Kehi menawarkan pemandangan daerah pegunungan yang hijau mempesona. Pengunjung bahkan bisa berenang di sejuknya hawa pegunungan di pulau gar...
Senin, 14 Juni 2021 06:50 WIB
SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Membentak dan memarahi ternyata tak selalu jelek. Kadang justru bisa mengubah sejarah. Atau mencipta sejarah.Inilah yang terjadi antara Chairul Saleh dan Mochtar Kusumaatmadja. Saat perjuangan kemerdekaan RI. Ta...
Minggu, 16 Mei 2021 06:58 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*65. fawajadaa ‘abdan min ‘ibaadinaa aataynaahu rahmatan min ‘indinaa wa’allamnaahu min ladunnaa ‘ilmaanLalu mereka berdua bertemu dengan seorang hamba di antara hamba-hamba Kami, yang telah Kami berika...
Sabtu, 12 Juni 2021 09:55 WIB
>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, M.A.. Kirim WA ke 081357919060, atau email ke [email protected] Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<...