Ajak Cintai Alam, Siswa Pramuka SDN 1 Surodakan Tanam Pohon di Huko

Ajak Cintai Alam, Siswa Pramuka SDN 1 Surodakan Tanam Pohon di Huko Siswa SDN 1 Surodakan foto bersama usai tanam pohon di kawasan Huko Trenggalek. foto: HERMAN/ BANGSAONLINE

TRENGGALEK, BANGSAONLINE.com - Dalam rangka menyelamatkan paru-paru dunia serta menjaga kelestarian lingkungan alam, para siswa Pramuka SDN 1 Surodakan menggelar tanam pohon di kawasan hutan kota Trenggalek. Jenis bibit yang ditanam ini terutama jenis bibit pohon kayu, seperti halnya bibit pohon jati, akasia dan gemelina.

Nyamud S.Pd, kepala SDN 1 Surodakan menyampaikan tujuan tanam pohon ini, agar para siswa turut serta menjaga kelestarian alam, menjaga terjadinya tanah longsor, serta dalam rangka upaya menjaga paru paru dunia.

"Tanam pohon yang dilakukan oleh para siswa pramuka ini dalam rangka menjaga kelestarian alam, menjaga lingkungan, menjaga terjadinya longsor serta menjaga paru-paru dunia," kata Nyamud ketika mendampingi para siswa Pramuka SDN 1 Surodakan di kawasan Hutan kota Trenggalek, Minggu (8/4).

Sebelum tanam pohon, puluhan siswa pramuka ini terlebih dulu mendapat arahan dan bimbingan dari salah satu petugas perhutani tentang cara melakukan penanaman pohon.

Selain tanam pohon, para siswa Pramuka ini juga dikenalkan nama beberapa jenis tanaman yang ada di kawasan hutan kota, serta manfaat dan fungsinya. Mereka juga diajak berkeliling kawasan huko sesuai rute jogging track yang dimaksudkan untuk menjaga stamina dan daya tahan tubuh para siswa tersebut.

Nyamud berharap para siswa ini nantinya bisa memiliki kepedulian yang tinggi terhadap kelestarian lingkungan dan alam. Menurut Nyamud, proses belajar mengajar tidak harus melulu di dalam kelas, di luar ruang kelas pun juga dibutuhkan. "Hari ini kita mencoba gelar pendidikan di alam terbuka seperti ini," imbuhnya. (man/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO