Market Day and Musasi Expo 2018, Ajang Memupuk Kemandirian, Ketangguhan, dan Keberanian Siswa

Market Day and Musasi Expo 2018, Ajang Memupuk Kemandirian, Ketangguhan, dan Keberanian Siswa Pertama Killa bersama bandnya di Market Day and Musasi Expo 2018. foto: CATUR/ BANGSAONLINE

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Killa, siswi kelas 8 SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo nampak bersemangat saat mengikuti kegiatan Market Day and Musasi Expo 2018 di sekolahnya. Dirinya bersama empat orang teman lainnya mengisi acara kegiatan ini sebagai salah satu grup band dalam ajang program kegiatan rutin tahunan di SMP Muhhamadiyah 1 Sidoarjo sebagai seorang vokalis.

Belia berparas cantik yang tinggal di perumahan Puri Indah Suko, Sidoarjo ini berharap ke depannya agar kegiatan seperti ini terus dilakukan. Ia menilai kegiatan itu mampu menjadikan dirinya untuk menjadi lebih berani dan tidak monoton pada kegiatan formil pendidikan di dalam kelas saja.

"Saya sangat senang diadakannya kegiatan ini di sekolah. Disamping menunjukkan bakat secara langsung, kita juga bisa melihat karya atau keahlian teman-teman kita lainnya," ucap Killa usai menunjukkan suara emasnya di panggung kreasi Market Day and Musasi Expo 2018 di sekolahnya, Selasa (27/3).

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo, Aunur Rofiq mengungkapkan bahwa digelarnya acara tersebut merupakan salah satu metode pembelajaran di luar kelas atau Outdoor Learning Activity (OLA) yang dimiliki Musasi.

"Di sini para siswa-siswi dipupuk keahliannya dalam kemasan lomba melukis, lomba fotografis, live music, pameran. Selain itu, secara tidak langsung para murid akan belajar salah satu ilmu. Seperti hal Matematika, yakni dengan cara jual beli dan hasilnya akan dilaporkan dalam bentuk untung-rugi," paparnya.

"Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), kegiatan ekonomi, produksi makanan atau minuman dan ilmu marketing produk yang dibuatnya juga merupakan salah satu penerapan belajar di luar kelas," terang Rofiq saat di sela-sela memantau anak didiknya belajar berkarya.

Nantinya, tambah Rofiq, penilaian atau evaluasi akan dilakukan di akhir kegiatan. Dimana para murid dituntut membuat laporan. "Ini juga sebagaian bentuk literasi," imbuh Rofiq yang sebelumnya juga mantan guru di SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo ini.

Acara bertajuk Market Day and Musasi Expo 2018 ini digelar selama tiga hari, yakni sejak Senin tanggal (26/3) hingga Rabu (28/3) Maret 2018 besok.

Kegiatan rutin tahunan ini menurutnya merupakan bentuk pendekatan dengan cara multiple Intelejen. Harapannya, semua anak cerdas, istimewa serta unik ini bisa digabungkan dengan pendidikan karakter Enterpreneurship.

"Di sini kita bisa memupuk kemandirian siswa, ketangguhan, keberanian," pungkasnya. (cat/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO