Festival Kerapu di Situbondo Pecahkan Rekor MURI

SITUBONDO (bangsaonline) - Memperingati Hari Jadi Kabupaten (Harjakasi) ke-196, memasak ikan kerapu digelar di lokasi obyek wisata Pasir Putih, Kecamatan Bungatan, Minggu (24/8). Hasil masakan tersaji dalam 365 porsi. Karena banyak, ini memperoleh piagam penghargaan dari Museum Rekor Indonesia ().

Pemberian piagam rekor dilaksanakan kemarin juga. Penghargaan kepada Kabupaten ini adalah penghargaan ke-6602 . Bupati Dadang Wigiarto mengatakan, kerapu ini digelar bertujuan untuk mengenalkan ikan kerapu sebagai ikon Kabupaten .

Rekor yang diraih diharapkan menjadi pendorong bagi masyarakat agar semakin gemar mengkonsumsi ikan lau. Lokasi acara dilaksanakan di obyek wisaya Pasir Putih, lanjut Dadang, sebagai upaya pemerintah setempat mempromosikan wisata bahari di .

"Kami sengaja mengangkat potensi perikanan dan kelautan untuk meningkatkan daya saing. Dengan pemecahan rekor ini kita harapkan Kabupaten lebih dikenal sebagai kota kerapu," kata Bupati Dadang dalam sambutannya.

Menurutnya, adalah satu dari beberapa daerah lain di Indonesia sebagai penyuplai bibit ikan kerapu di Jatim. Karena itu, wajar jika kali ini memecahkan rekor . “Kita angkat potensi perikanan dan keluatan sebagai komoditi daerah untuk meningkatkan daya saing dari kota dan kabupaten di Indonesia,” jelas Dadang.

Sementara itu, Deputy Manajer Ariyani Siregar mengatakan, pihaknya mengapresiasi kerapu ini yang berbuah rekor . “Jumlah porsi yang disajikan dalam memasak ikan kerapu steam sebanyak 368 porsi ini merupakan yang terbanyak di Indonesia, sehingga berhasil memecahkan rekor ,” katanya.

Sebelumnya, lanjut dia, memasak ikan di hanya mampu menyajikan masakan ikan sebanyak 250 porsi. Itupun jenis ikan yang dimasak bermacam-macam. “Kabupaten kembali mencatat sejarah dalam rekor yang tercatat dalam piagam penghargaan rekor ke-6602,” jelas Ariyani, sebelumnya menyerahkan piagam rekor .

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Pemkab , Ir. Eko Prayudi, mengatakan, pihaknya menyiapkan 400 ekor ikan kerapu jenis cantang sebagai bahan untuk dimasak dalam kerapu tersebut. “Seluruhnya merupakan hasil budidaya keramba lokal ,” tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Mobil Pikap Pengangkut Cabe Terguling di Jalur Pantura Situbondo':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO