Dongkrak Pamor Desa, Pemkab Mojokerto Kucurkan ADD Rp 52 Miliar Lebih

Dongkrak Pamor Desa, Pemkab Mojokerto Kucurkan ADD Rp 52 Miliar Lebih Bupati MKP menyalami para kepala desa. Ia berharap ADD mendongkrak kemajuan desa. Foto: Yudi Eko P/BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 304 desa di Kabupaten Mojokerto bakal ketiban rejeki nomplok. Tahun ini bakal menggelontor Alokasi Dana Desa (ADD) I Tahun Anggaran 2018 hingga Rp 52 miliar lebih.

Dana yang diharapkan dapat mendongkrak pamor desa tersebut sedianya dikucurkan Februari ini. “Tahap I akan dikucurkan bulan Maret dan tahap II paling lambat pada bulan Agustus. Totalnya sebesar Rp. 52.465.961.000,” jelas Asisten Pemerintahan dan Kesra Kabupaten Mojokerto Agus M. Anas, Senin (26/2).

Sementara itu, Bupati Mojokerto Mustofa Kamal Pasa berujar kondisi desa-desa di Kabupaten Mojokerto kini makin maju. Menurutnya, APB-Desa rata-rata sudah di atas Rp 1 miliar. Karenanya, lanjutnya, kepala desa selaku pemegang pengelolaan keuangan desa harus tanggung jawab dan berjalan pada koridor yang benar.

“Tidak lama lagi pemerintah daerah akan segera mencairkan ADD sebesar 50 persen untuk tahap pertama dari total ADD Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp 104 miliar lebih. Saya harap agar dana tersebut dapat dimanfaatkan, dan kepala desa selaku pemegang pengelolaan keuangan desa dapat menjalankannya sesuai koridor yang benar,” harap bupati.

Ia mengungkapkan, sinergitas pembangunan ekonomi dan pariwisata yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Mojokerto sudah seharusnya disambut cepat oleh desa sebagai bagian dari peluang dan prospek perputaran roda perekonomian daerah.

Sehingga Produk Domestik Bruto (PDB) tidak selalu didominasi sektor pertanian dan industri saja, namun berkembang ke sektor perdagangan dan pariwisata. Kini telah didukung infrastruktur yang sangat layak guna menggerakkan ekonomi daerah.

“Desa-desa di Kabupaten Mojokerto sudah sangat maju dengan dukungan sarana infrastruktur yang memadai. Kita punya rencana ke depan, tiap kecamatan mempunyai pasarnya sendiri, mini waterpark dan sarana mainan anak-anak, pujasera serta sarana olahraga. Ini akan mampu mengerakkan ekonomi daerah dan mendongkrak pendapatan. Peningkatan dan pelebaran jalan di Kabupaten Mojokerto tahun 2021 juga kita targetkan selesai,” pungkasnya. (yep/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO