Jokowi-Prabowo Memudar, Elektabilitas Gatot, Anies, dan AHY Naik, Hasil Survei Median

Jokowi-Prabowo Memudar, Elektabilitas Gatot, Anies, dan AHY Naik, Hasil Survei Median Jenderal (purn) Gatot Nurmantyo, mantan Panglima TNI. Foto: tempo.co

JAKARTA, BANGSAONLINE.com - Tingkat keterpilihan Joko Widodo makin memudar. Elektablitas Presiden ke-7 ini bahkan disebut sudah lampu kuning karena terus mengalami penurunan.

Informasi itu merupakan hasil survei Median yang dilakukan pada 1-9 Februari 2018.

"Pak dan Prabowo mulai memudar elektabilitasnya," ungkap Rico Marbun, Direktur Eksekutif Median ketika merilis hasil surveinya di Restoran Bumbu Desa, Cikini, Jakarta Pusat. Jakarta, Kamis (22/2/2018).

Dalam rilis yang diberi judul “Lampu Kuning untuk dan Pergerakan Suara Para Penantang” itu secara tegas Rico menegaskan: “Kami sebut lampu kuning untuk karena elektabilitas konsisten turun dari tiga survei yang kami lakukan. Di bulan April 2017 elektabilitas Pak 36,9 persen; di bulan Oktober 2017 turun menjadi 36,2 persen; dan bulan Februari 2018 ini kembali turun menjadi 35 persen.” Menurut Rico, bahkan bukan hanya lampu kuning tapi bisa saja terus menurun ke lampu merah.

Dalam survey dengan sampel 1000 responden, dengan margin of error kurang lebih 3,1 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, ia menegaskan bahwa rata-rata responden kecewa karena kinerja di bidang ekonomi.

Sampel yang dipilih secara random dengan teknik multistage random sampling diyakini sebagai gambaran riil peta politik saat ini.

Dalam kacamata survey elektabilitas yang di bawah 50 persen sangat rawan tak terpilih. Umumnya posisi incumbent selalu di atas 50 persen untuk angka aman.

Sebelumnya, elektabilitss pada Oktober 2017 36,2 responden. Kini justeru turun menjadi 35,0 persen.

Begitu juga Prabowo. Kini elektabilitasnya turun menjadi 21,2 persen. Padahal survei Oktober 2017 di elektabilitas Prabowo masih 36,2 persen.

Yang mengejutkan, calon presiden alternatif justeru mengalami peningkatan elektabilitas.

Lihat juga video 'Presiden Jokowi Unboxing Sirkuit Mandalika, Ini Motor yang Dipakai':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO