Uniba Banyuwangi Gelar OMI 2018 se-Karesidenan Besuki

Uniba Banyuwangi Gelar OMI 2018 se-Karesidenan Besuki Rafael Feng dari SDK Bondowoso, pemenang kejuaraan OMI 2018. ft-ganda siswanto.

BANYUWANGI, BANGSAONLINE.com - Universitas PGRI Banyuwangi (Uniba) melalui fakultas matematika menggelar olimpiade matematika integral (OMI) di kampus setempat, Minggu (21/1/2018). Olimpiade yang mengusung tema "be a golden generation with mathematics" ini diiikuti 429 pelajar yang terdiri dari tingkat SD/MI sebanyak 106 peserta, SMP/MTS 225 peserta, dan SMA/SMK 98 peserta.

Peserta dari kabupaten Jember, Bondowoso, Situbondo, dan Banyuwangi ini bersaing untuk menjadi yang terbaik dalam ajang OMI tahun ini.

Untuk babak penyisihan, peserta OMI akan diberikan lembaran soal pilihan ganda sebanyak 20 soal matematika. Peserta yang mendapat nilai tertinggi bisa melanjutkan di seleksi tes berikutnya sampai menuju final. Peserta yang masuk final akan dites adu cepat dengan juri dari dosen kampus Uniba.

Meirinda Eka selaku ketua panitia OMI 2018 mengatakan bahwa perlombaan ini sebagai upaya untuk mengukur kemampuan siswa siswi tentang matematika. "Ini kesempatan yang baik bagi para pelajar se-karesidenan besuki untuk menjajal dan meningkatkan kemampuanya," terangnya.

Sementara Dzuhrotul Mutimmah M.Si Ketua Prodi Pendidikan matematika menjelaskan bahwa kegiatan yang dilaksanakan setiap tahun ini merupakan sebuah bentuk support dari mahasiswa fakultas matematika Uniba dalam meningkatkan kemampuan mutu dan kualitas pendidikan yang ada di wilayah karesidenan Besuki.

"Ajang ini juga dalam upaya memberikan sarana dalam membantu mencerdaskan anak negeri. Selain itu, kualitas peserta anakp-anak yang kami uji sangat bermutu sekali. Perlombaan yang kami adakan ini sebagai ajang bentuk untuk menumbuhkan jiwa dan karakter berorganisasi di kalangan mahasiswa," jelasnya.

Di akhir acara, panitia mengumumkan para pemenang kejuaraan OMI 2018. Dari tingkat SD/MI juara satu diraih Rafael Feng dari SDK indra siswa Bondowoso, juara kedua diraih Nadhifa Fairuz dari SDN 2 Genteng Banyuwangi, dan juara tiga diraih Naura dari SDN Model Banyuwangi.

Untuk tingkat SMP/MTS juara satu diraih oleh Ivan Hadi dari SMP 1 Bondowoso, juara dua dan tiga diraih Wahyu Kurnianto dan Putri Kusuma Tyas dari SMP Buma Genteng Banyuwangi.

Sedangkan untuk tingkat SMA/SMK juara satu diraih oleh Silvara Putri Rahma dari SMA 1 Giri Banyuwangi, juara dua diraih Khotibul Umam dari SMA Al-Arifin Bondowoso.

Para pemenang mendapatkan trofi dan uang tunai. Sedangkan peserta yang gagal juga tetap diberi penghargaan sertifikat OMI 2018 dari Uniba. (bwi1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO