Pegiat PIK-R di Gayam Bojonegoro Terima Sosialisasi Tentang Remaja Sehat

Pegiat PIK-R di Gayam Bojonegoro Terima Sosialisasi Tentang Remaja Sehat

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Tak dipungkiri, remaja adalah tumpuan generasi bangsa. Ketika fase remaja bisa dilalui dengan baik dan sukses, maka selamatlah sebuah generasi. Kuncinya, remaja harus sehat dan bahagia.

Demikian dikatakan Nurlina, Kepala Bidang Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (P3A KB) Kabupaten Bojonegoro dalam Diskusi Remaja bertajuk Pengetahuan Bahaya Narkoba dan Kesehatan Remaja, di Balai Kecamatan Gayam Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, pada Minggu (24/12).

Lina, sapaan akrabnya menjelaskan, remaja yang sehat adalah remaja yang terbebas dari seks bebas penyebab rusaknya kesehatan reproduksi. Karena itu, sebagai langkah awal, remaja wajib tahu apa saja yang harus dilakukan untuk menjaga kesehatan reproduksinya.

"Terkadang informasi tentang seksualitas itu tabu, padahal penting untuk diketahui dan didiskusikan, khususnya remaja dengan orangtua," katanya.

Lina mewanti-wanti, jangan sampai remaja mendapatkan informasi yang keliru dari sumber yang tidak bisa dipercaya. Karena kemudahan informasi di internet seperti saat ini, ungkap dia, tidak sedikit masyarakat disesatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.

"Remaja harus ingat triad genre, yaitu No Free Sex, No HIV/AIDS, dan No Pernikahan Dini," tandas Lina di depan puluhan para pegiat Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dari 12 desa di Kecamatan Gayam.

"Selain sehat, remaja juga harus bahagia. Penting bagi remaja untuk memahami bagaimana bahagia yang sebenarnya. Remaja sering terjebak pada kebahagiaan semu dan instan, dan ini dimanfaatkan para pengedar narkoba untuk mencekoki remaja dengan barang haram itu," ungkap Iptu Mulyono, Kepala Urusan Pembinaan dan Operasional Satres Narkoba, mewakili Kapolres Bojonegoro.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO