Serang Warga Kabupaten/Kota Mojokerto, 15 Orang Suspect Difteri

Serang Warga Kabupaten/Kota Mojokerto, 15 Orang Suspect Difteri Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto Christiana Indah Wahyu.

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Penyebaran difteri makin mengkhawatirkan, sebab kini mulai merambah Kabupaten/Kota Mojokerto. Di kedua daerah tersebut ditemukan 15 orang suspect difteri. Sementara satu orang lainnya dinyatakan positif.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Mojokerto Christiana Indah Wahyu mengatakan, dari 15 orang yang suspect satu orang ditemukan positif. "Satu positif, lainnya masih suspect dan harus menunggu hasil lab di Surabaya," katanya,  Senin (18/12).

Dari informasi yang dihimpun, seorang suspect bernama Ahmad Nasikh, warga Desa Ngabar, Jetis, Kabupaten Mojokerto. Dia mengaku mengalami gejala demam dan sakit tenggorokan sejak Rabu silam. "Saya bawa ke poliklinik dikasih antibiotik dan penurun panas, tapi tak reda. Baru besoknya saya kembali ke poliklinik kemudian dirujuk ke rumah sakit. Oleh dokter THT didiagnosa difteri," kata Nasikh.

Sehari sebelum mengalami gejala tersebut, Nasikh mengaku usai bepergian ke Jakarta selama 4 hari. Dia juga mengaku belum pernah mendapatkan imunisasi difteri. "Sekarang panas sudah turun, tapi buat nelan masih sakit," ujarnya.

Disisi lain, Kabid Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan Kabupaten Mojokerto dr Langit Kresna Janitra mengatakan, sampai hari ini pihaknya menemukan 10 orang suspect difteri.

Sebarannya meliputi 1 orang di Kecamatan Sooko, 3 orang di Kecamatan Puri, 2 orang di Kecamatan Jatirejo, serta masing-masing 1 orang di Kecamatan Trowulan, Gedeg, Bangsal dan Jetis.

"Selain 10 suspect tersebut, ada 1 orang warga Gedeg yang positif difteri pada Oktober lalu. Saat ini sudah sembuh setelah dirawat seminggu di rumah sakit," terangnya.

Para suspect diidentifikasi berdasarkan beberapa gejala klinis. Meliputi munculnya selaput putih keabu-abuan pada tenggorokan, pembengkakan di sekitar leher dan tidur mendengkur padahal sebelumnya tidak mendengkur.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO