Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Natal dan Tahun Baru, Bulog Siap Operasi Pasar 5 Ton per Hari

Antisipasi Kenaikan Harga Jelang Natal dan Tahun Baru, Bulog Siap Operasi Pasar 5 Ton per Hari Kapolres saat sidak di gudang Bulog. foto: SOFFAN/ BANGSAONLINE

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Kapolres Mojokerto AKBP Leonardus Simarmata bersama Danpom Mojokerto melakukan sidak ke Gudang Bulog di Jalan Bypass Mojokerto, Kamis (14/12/2017). Di lokasi, rombongan ditemui langsung oleh Kapala Perum Bulog Sub Divre II Wilayah Surabaya Selatan, Taufik Budi Santoso.

Dijelaskan, kondisi stok beras di gudang Bulog saat ini berjumlah 12 ribu ton. Ini berarti pasokan beras sejatera (Rastra) jenis medium ke masyarakat dapat terpenuhi hingga bulan Mei 2018 ke depan.

Sedangkan mengenai antisipasi lonjakan harga jelang perayaan Natal dan tahun baru, lanjut Taufik, pihaknya sudah menyiapkan utuk Operasi Pasar 5 ton beras per hari.

“Kebijakan ini berlaku di tiap provinsi. Jika nantinya dalam pelaksanaan ada kendala mengenai kualitas beras, kita siap melakukan pergantian atau menukar beras dengan kualitas yang lebih bagus,” terangnya.

Menanggapi kondisi stok pangan di wilayahnya, Kapolres Mojokerto menyampaikan bahwa dari hasil teleconference dengan lembaga terkait bersama Kapolri, sidak ini menjadi salah satu kegiatan untuk memastikan stok jelang perayaan Natal dan tahun baru ini stabil. Selain itu, kegiatan ini juga sekaligus memastikan ada atau tidaknya lonjakan harga di pasaran.

Jika nantinya di tengah masyarakat terjadi kenaikan harga, kata Kapolres, tentunya pihak pemerintah akan segera mengintervensi, yakni dengan menggelar Operasi Pasar.

“Kita akan berusaha membantu pihak pemerintah untuk menekan harga agar tidak sampai ada kenaikan, seperti pelaksanaan Operasi Pasar yang kita laksanakan di wilayah Kedungmaling Sooko tadi pagi,” jelasnya.

Guna mengatisipasi situasi pangan di wilayahnya, pihaknya berharap kepada masyarakat jika dalam pelaksanaan pendistribusian bahan pangan ke masyarakat ada yang mengetahui adanya penyimpangan diharapkan langsung bisa melaporkan temuan tersebut ke pihak Kepolisian terdekat. “Kita akan melakukan tindakan tegas jika ada penyelewengan di lapangan,” pungkasnya. (sof/ian)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO