Selasa, 23 Januari 2018 02:51

Disnak Jatim Tak Henti Sosialisasi dan Edukasi Pentingnya Protein Hewani

Jumat, 08 Desember 2017 11:10 WIB
Editor: Nur Syaifudin
Wartawan: Zahratul Maidah
Disnak Jatim Tak Henti Sosialisasi dan Edukasi Pentingnya Protein Hewani

SURABAYA, BANGSAONLINE.com- Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur terus melakukan sosialisasi dan edukasi manfaat penting protein hewani yang bisa didapat dari susu, telur dan daging. Ketiganya memiliki gizi yang tinggi terutama bagi anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan.Sosialisasi dan edukasi tersebut salah satunya dilakukan di TK Pertiwi Teladan Jl Ngagel Tama No 37 Surabaya dengan tema “Susu Segar Masuk Sekolah, Anak Sehat dan Cerdas”.

Kepala Disnak Jatim, Drh. Wemmi Niamawati, MMA mengatakan, program seperti ini lebih efektif dan akan berkelanjutan jika diiringi program edukasi gizi dan pola makan yang sehat kepada masyarakat. “Kami memberikan 1000 paket gizi dan dalam 1 paketnya terdiri dari susu, telur dan daging ayam maupun sapi,”ungkap dia.

Selain paket gizi, Disnak Jatim juga memberikan pin yang bergambar susu, telur dan daging. Pin tersebut untuk mengenalkan kepada anak-anak bahwa yang harus dicukupi setiap hari dalam masa pertumbuhan adalah protein hewani yang bisa didapat dari ketiga tersebut.

“Dalam sehari, konsumsi susu untuk anak-anak sebanyak 2 kali. Kemudian telur 1 butir dan daging sesuai dengan kemampuan masyarakat biasanya daging sapi atau daging ayam minimal 1 ons,”terang pejabat yang akrab disapa Wemmi ini.

Adapun tujuan dari kegiatan gemar minum susu, makan telur dan daging itu adalah untuk membiasakan anak-anak atau masyarakat karena kandungan proteinnya sangat diperlukan terutama untuk anak dalam masa pertumbuhan. “Jika anak sudah terbiasa minum susu, kebutuhan mereka akan terpenuhi,”ujar dia.

Tiap tahun, lanjut Wemmi, program ini untuk pengembangan agribisnis peternakan. “Kami memberikan paket sesuai program dan kegiatan. Kalau bisa tiap tahun ada acara seperti ini, maka kecukupan gizi untuk anak-anak tercukupi.

Sebagai informasi, tahun 2017, Disnak Jatim melalui bidang terkait telah memberikan paket gemar minum sebanyak 10 ribu yang tersebar di 38 baupaten/kota di Jatim.

“Kami juga ikut berkontribusi pada kegiatan gemar minum susu pada acara HUT Provinsi Jawa Timur dengan memberikan paket gizi sebanyak 1000 untuk anak usia sekolah dan kemudian kita mendatangkan narasumber agar anak-anak itu mengerti kenapa perlu konsumsi protein hewani,” jelas dia.

Untuk tahun 2018, kata Wemmi, target masih tetap 10 ribu paket. “Tahun depan, kami juga akan memberikan sosialisasi kepada kelompok-kelompok pengolahan susu terutama dalam rangka untuk menaikkan nilai tambah dan daya saing di kelompok pengolahan itu bagaimana membuat produk susu yang baik dan memenuhi criteria Aaman,Sehat,Utuh dan Halal (ASUH). Sehingga kedepannya dapat meningkatkan daya saing dari terutama dari segi kemasan. Harapan kami juga kelompok pengolahan itu bisa memasarkan produknya paling tidak disekitar rumah,”pungas dia. (mid/ns)

Oleh: Suparto Wijoyo*
Rabu, 17 Januari 2018 18:53 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*PILKADA hadir menjadi pesona yang memukaukan pandangan bagi mereka yang gandrung kekuasaan. Hiruk pikuknya dianggap sebagai tembang yang melantunkan merdunya kosa kata. Kampanye digelar guna meneriakkan cita-cita menjemput takdir...
Sabtu, 13 Januari 2018 23:58 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . . Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1)."Subhaana alladzii as...
Oleh: Dr. KH. Imam Ghazali Said., MA
Sabtu, 13 Januari 2018 10:54 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 18 Januari 2018 23:31 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Nell McAndrew (44), mantan model glamour tetap mempertahankan pola hidup sehat. Dia rutin berlatih dan minum jus. Tak heran, di usianya yang tak muda lagi, tubuhnya masih sintal. Saat di puncak kariernya, wajah dan lekuk ...