Tahun 2018, Disperta Gresik Kembangkan Tembakau Jenis Virginia

Tahun 2018, Disperta Gresik Kembangkan Tembakau Jenis Virginia Petani menunjukkan tembakau jenis virginia.

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Kabupaten Gresik yang dikenal sebagai daerah beriklim panas dinilai sangat cocok untuk budidaya berbagai jenis tanaman tembakau. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Pertanian (Disperta) Gresik Agus Djoko Waluyo, didampingi Kepala Bagian Humas dan Protokol Pemkab Suyono di kantornya, Senin (4/12/2017).

Menurut Agus, dari sisi ekonomi, menanam tembakau lebih untung dibanding menanam komoditas yang lain. “Misalnya kalau dibandingkan dengan menanam padi hasilnya lima banding dua, yaitu lima untuk tembakau dan dua untuk padi. Hasil itu didapat apabila panen keduanya dapat menghasilkan panen maksimal,” paparnya.

Dijelaskan Agus, secara historis wilayah Kabupaten Gresik pernah menjadi sentra perkebunan tembakau. Perkebunan penghasil tembakau seluas 500 hektar kala itu menyebar di beberapa wilayah Gresik bagian Selatan, yaitu di Kecamatan Wringinanom, Balongpanggang, Benjeng, dan kecamatan Menganti.

Hal inilah yang akan kembali digagas untuk mengembangkan tembakau agar menjadi salah satu komoditas pertanian di Gresik sebagai diversifikasi tanaman pangan.

Namun budidaya tanaman tembakau yang akan dilakukan berbeda dengan budidaya yang sudah pernah ada. Baik dari sisi perencanaan, perlakuan, serta jenis tembakau yang akan ditanam yang juga berbeda dari jenis tembakau yang pernah ada di Gresik sebelumnya.

“Kami mulai menjajaki untuk menanam tembakau jenis virginia yang secara ekonomis harganya lebih mahal dibanding jenis tembakau lokal yang selama ini dibudidayakan di Gresik. Kami telah menentukan delapan titik areal di dua kecamatan. yaitu Kecamatan Balongpanggang dan Kecamatan Benjeng,” terang Agus.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO