Banyak Manfaatnya Ikut Paskibraka

Banyak Manfaatnya Ikut Paskibraka soemarno

SURABAYA-(Bangsaonline)-Tahun depan, diharapkan sekolah-sekolah di Surabaya lebih banyak lagi mengikutsertakan siswanya untuk mengikuti seleksi Paskibraka tingkat kota Surabaya. Sebab, menurut Kepala Bakesbang Linmas Kota Surabaya, Soemarno banyak manfaatnya mengikuti pelatihan di Paskibraka.

“Untuk tahun ini, sebenarnya ada ribuan siswa-siswa yang berasal lebih dari 100 sekolah di Surabaya yang mengikuti seleksi. Tetapi, baru 49 sekolah yang bisa meloloskan siswa-siswi terbaiknya. Mereka dinilai memenuhi syarat diantaranya mental yang tangguh serta fisik yang sesuai (postur tinggi badan),”ujar Soemarno.

Dijelaskan Soemarno, anggota Paskibra Kota Surabaya tidak hanya mendapatkan pembekalan kedisplinan. Lebih dari itu, mereka juga dibekali tentang pemahaman narkoba, serta wawasan kebangsaan dan ditanamkan jiwa kepahlawanan. “Itu penting untuk menangkalideologi atau paham yang tidak sesuai dengan Pancasila,” sambung Soemarno.

Menurut Soemarno, selain ketahanan fisik, yang jugaharus dimiliki anggota Paskibra adalah kekuatan mental. Karenanya, pria yang juga menjadi penanggung jawab pelatihan Paskibra Kota Surabaya ini setiap hari memantau latihan guna memotivasi para anggota Paskibra. Menurut Soemarno, tugas yang mereka lakukan tidak hanya membanggakan bagi keluarga, juga pihak sekolah. “Saya juga sampaikan bahwa apa yang sedang mereka kerjakan itu memiliki dua nilai. Selain melaksanakan tugas mulai untuk mengibarkan bendera, tugas ini juga bagian dari ibadah,” jelas Soemarno.

“Makanya nanti ketika upacara 17 Agustus di Taman Surya, kita mengundang pihak orang tua dan juga sekolah. Supaya sekolah dan orang tuanya ikut bangga. Dan sekolah yang belum bisa menugaskan siswa-siswinya akan semakin termotivasi. Karena kita membuka kesempatan. Dan Pemkot yang memenuhi semua kebutuhan anggota Paskibra, sekolah tidak ikut terbebani,” jelas pejabat yang dikenal ramah dengan wartawan ini.

Mulai Rabu (13/8) pagi, ke-100 anggota Paskibraka akan mulai masuk karantina sebelum menjalankan tugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, Minggu (17/8) nanti. Tujuan dari karantina adalah agar anggota Paskibra bisa lebih fokus. Serta, bisa lebih terbangun kebersamaan dengan sesama anggota.

Sumber: humas

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO