Karyawan EMCL Bersama Warga Tuban Kerja Bakti Bersih-bersih Pantai

Karyawan EMCL Bersama Warga Tuban Kerja Bakti Bersih-bersih Pantai Para karyawan EMCL bersama masyarakat saat kerja bakti bersih-bersih sampah di pantai.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Puluhan Karyawan Operator Minyak dan Gas Bumi (Migas) Blok Cepu, ExxonMobil Cepu Limited () bersama warga Kecamatan Palang dan Jenu, Kabupaten Tuban menggelar acara kerja bakti bersih-bersih sampah di pantai utara kawasan Hutan Mangrove Center, Sabtu (11/11).

Kerja bakti tersebut langsung dipimpin oleh Vice President , Erwin Maryoto. Turut hadir dalam kegitan itu Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tuban, Muspika Palang, Muspika Jenu, serta beberapa pengurus mangrove center.

Erwin Maryoto mengatakan bahwa kerja bakti ini merupakan yang kedua kalinya digelar. "Ini bukti bahwa telah peduli terhadap lingkungan dan alam. Rencana ke depan program serupa bakal diselenggarakan setiap tahun, demi menjaga kebersihan alam, khususnya di pantai pantura," ujarnya.

"Pada kerja bakti kali ini, kami melibatkan lebih dari 50 karyawan ExxonMobil baik yang bekerja di Lapangan Banyu Urip Bojonegoro dan FSO Gagak Rimang untuk berbaur dengan lebih dari 100 anggota masyarakat dan pejabat pemerintahan di Kabupaten Tuban," sambungnya.

Selain menyelenggarakan bersih-bersih pantai, juga melakukan penanaman 10 ribu tanaman bakau. Rinciannya, 2 ribu jenis bibit cemara laut dan 8 ribu bibit pohon mangrove.

Penanaman itu oleh dipusatkan di Kecamatan Palang, yang mana sebagai salah satu wilayah lintasan pipa minyak dari lapangan Banyuurip, Bojonegoro menuju ke Floating Storage Offloading (FSO) Gagak Rimang di lepas pantai Tuban.

"Penanaman 10 ribu pohon kni dilakukan dengan menggandeng Yayasan Mangrove Center Tuban," jelasnya.

Sementara Pengelola Mangrove Center, Ali Mansur menjelaskan, garis pantai di Tuban kini sudah mulai banyak dihijaukan dengan mangrove dan cemara laut. "Tetapi, selama ini terbanyak baru ada di wilayah Tuban barat (Jenu, Tambakboyo) dan belum signifikan menyentuh di wilayah timur Tuban seperti di kecamatan Palang," ujarnya.

Di tempat yang sama, Sekretaris DLH Bambang Irawan mengapresiasi langkah perusahaan untuk ikut serta melakukan penghijauan pantai. "Kami harap ini juga terus proaktif dan peduli terhadap lingkungan," harap Bambang. (wan/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO