Kamis, 21 Juni 2018 19:07

Dukung Program Kemensos, Pemkab Mojokerto Bangun Puskesmas Orgil

Jumat, 10 November 2017 17:21 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Dukung Program Kemensos, Pemkab Mojokerto Bangun Puskesmas Orgil
?Puskesmas Gondang lama akan disulap jadi Puskesmas megah. Foto: IST

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Stigma tentang minimnya fasilitas pengobatan pasien dengan gangguan kejiwaan atau orang gila (orgil) telah dibabat habis Pemkab Mojokerto. Pemda setempat kini membangun puskesmas senilai Rp 12,5 miliar dengan spesialisasi penanganan kasus kejiwaan.

Pembangunan Puskesmas yang sedianya dilengkapi kamar rawat inap itu sekaligus memupus pandangan tentang minimnya perhatian pemerintah Mojokerto bagi orang dengan gangguan jiwa.

"Nantinya, puskesmas tersebut akan dijadikan rujukan pasien gangguan jiwa yang jumlahnya cukup banyak di Mojokerto. Seperti banyaknya warga yang dipasung atau dikucilkan keluarganya," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, Didik Khusnul Yaqin.

Didik menambahkan meskipun menjadi rujukan pasien gangguan jiwa, puskesmas tetap melayani kesehatan umum masyarakat. “Semua masyarakat yang mengalami masalah kesehatan umum tetap dilayani. Hanya saja di Puskesmas ini mempunyai spesialisasi layanan gangguan jiwa yang didukung psikolog dan psikiater, " terangnya.

Ditambahkan, nama puskesmas spesialisasi kesehatan jiwa akan melekat di Puskesmas Gondang yang baru itu. "Puskesmas Gondang yang lama kan sudah tidak layak, tidak bisa dikembangkan karena keterbatasan lahan," pungkasnya.

Diketahui, saat ini proyeknya masih dalam pembangunan yang ditarget selesai akhir tahun ini. Pemkab Mojokerto menganggarkan Rp 12,5 miliar untuk relokasi sekaligus peningkatan Puskemas dengan spesialisasi layanan kesehatan jiwa, untuk mendukung program Kemensos yaitu Indonesia bebas pasung. (yep/ian)

Rabu, 20 Juni 2018 03:21 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*UNGKAP syukur terekspresikan penuh hikmat kebijaksanaan dalam merayakan Hari Kemenangan, Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H. Alhamdulillah saya diberi kemampuan oleh-Nya untuk melintas, menjelajah, menempuh kembali jalan-jalan kampung d...
Minggu, 20 Mei 2018 12:10 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraan (3).Minggu-...
Kamis, 21 Juni 2018 01:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 20 Juni 2018 22:03 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Jumiang yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, mulai diserbu pengunjung pada liburan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Rabu (20/6).Bahkan ratusan pengunjung terliha...