Kamis, 20 September 2018 06:21

Dukung Program Kemensos, Pemkab Mojokerto Bangun Puskesmas Orgil

Jumat, 10 November 2017 17:21 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Dukung Program Kemensos, Pemkab Mojokerto Bangun Puskesmas Orgil
?Puskesmas Gondang lama akan disulap jadi Puskesmas megah. Foto: IST

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Stigma tentang minimnya fasilitas pengobatan pasien dengan gangguan kejiwaan atau orang gila (orgil) telah dibabat habis Pemkab Mojokerto. Pemda setempat kini membangun puskesmas senilai Rp 12,5 miliar dengan spesialisasi penanganan kasus kejiwaan.

Pembangunan Puskesmas yang sedianya dilengkapi kamar rawat inap itu sekaligus memupus pandangan tentang minimnya perhatian pemerintah Mojokerto bagi orang dengan gangguan jiwa.

"Nantinya, puskesmas tersebut akan dijadikan rujukan pasien gangguan jiwa yang jumlahnya cukup banyak di Mojokerto. Seperti banyaknya warga yang dipasung atau dikucilkan keluarganya," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, Didik Khusnul Yaqin.

Didik menambahkan meskipun menjadi rujukan pasien gangguan jiwa, puskesmas tetap melayani kesehatan umum masyarakat. “Semua masyarakat yang mengalami masalah kesehatan umum tetap dilayani. Hanya saja di Puskesmas ini mempunyai spesialisasi layanan gangguan jiwa yang didukung psikolog dan psikiater, " terangnya.

Ditambahkan, nama puskesmas spesialisasi kesehatan jiwa akan melekat di Puskesmas Gondang yang baru itu. "Puskesmas Gondang yang lama kan sudah tidak layak, tidak bisa dikembangkan karena keterbatasan lahan," pungkasnya.

Diketahui, saat ini proyeknya masih dalam pembangunan yang ditarget selesai akhir tahun ini. Pemkab Mojokerto menganggarkan Rp 12,5 miliar untuk relokasi sekaligus peningkatan Puskemas dengan spesialisasi layanan kesehatan jiwa, untuk mendukung program Kemensos yaitu Indonesia bebas pasung. (yep/ian)

Suparto Wijoyo
Senin, 17 September 2018 22:10 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*DEMOKRASI sejak mulanya adalah kerumunan yang meneguhkan kekuatan tanda kuasa sedang digumpalkan. Rakyat terlibat langsung untuk mengatur penyelenggaraan negara kota (polis) yang skala kepentingan maupun wilayahnya tidak seleba...
Selasa, 11 September 2018 13:55 WIB
Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KH A Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   ‘Asaa rabbukum an yarhamakum wa-in ‘udtum ‘udnaa waja’alnaa jahannama lilkaafiriina hashiiraan (8).Cukup jelas pesan ayat studi ini, bahwa Allah SWT pasti menyayangi hamba-Nya yang mau be...
Dr. KH. Imam Ghazali Said
Sabtu, 18 Agustus 2018 10:03 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Minggu, 16 September 2018 18:57 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Wisata susur sungai sekarang sudah ada di Kabupaten Tuban, tepatnya di Desa Bektiharjo, Kecamatan Semanding. Destinasi wisata susur sungai bernama Wisata Tubing ini resmi dibuka oleh Kepala Dinas Pariwisata, Kebuda...