Kamis, 23 November 2017 04:53

Dukung Program Kemensos, Pemkab Mojokerto Bangun Puskesmas Orgil

Jumat, 10 November 2017 17:21 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Yudi Eko Purnomo
Dukung Program Kemensos, Pemkab Mojokerto Bangun Puskesmas Orgil
?Puskesmas Gondang lama akan disulap jadi Puskesmas megah. Foto: IST

MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Stigma tentang minimnya fasilitas pengobatan pasien dengan gangguan kejiwaan atau orang gila (orgil) telah dibabat habis Pemkab Mojokerto. Pemda setempat kini membangun puskesmas senilai Rp 12,5 miliar dengan spesialisasi penanganan kasus kejiwaan.

Pembangunan Puskesmas yang sedianya dilengkapi kamar rawat inap itu sekaligus memupus pandangan tentang minimnya perhatian pemerintah Mojokerto bagi orang dengan gangguan jiwa.

"Nantinya, puskesmas tersebut akan dijadikan rujukan pasien gangguan jiwa yang jumlahnya cukup banyak di Mojokerto. Seperti banyaknya warga yang dipasung atau dikucilkan keluarganya," tutur Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mojokerto, Didik Khusnul Yaqin.

Didik menambahkan meskipun menjadi rujukan pasien gangguan jiwa, puskesmas tetap melayani kesehatan umum masyarakat. “Semua masyarakat yang mengalami masalah kesehatan umum tetap dilayani. Hanya saja di Puskesmas ini mempunyai spesialisasi layanan gangguan jiwa yang didukung psikolog dan psikiater, " terangnya.

Ditambahkan, nama puskesmas spesialisasi kesehatan jiwa akan melekat di Puskesmas Gondang yang baru itu. "Puskesmas Gondang yang lama kan sudah tidak layak, tidak bisa dikembangkan karena keterbatasan lahan," pungkasnya.

Diketahui, saat ini proyeknya masih dalam pembangunan yang ditarget selesai akhir tahun ini. Pemkab Mojokerto menganggarkan Rp 12,5 miliar untuk relokasi sekaligus peningkatan Puskemas dengan spesialisasi layanan kesehatan jiwa, untuk mendukung program Kemensos yaitu Indonesia bebas pasung. (yep/ian)

Rabu, 22 November 2017 10:04 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*TANGGAL 21 November 2017 kemarin diperingati secara internasional sebagai Hari Pohon. Gerakan tanam pohon untuk bersedekah oksigen nyaris tidak terdengar secara massal di belantara ontran-ontran dramatik Ketua DPR RI Setya N...
Sabtu, 04 November 2017 19:50 WIB
​Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1).Setelah du...
Oleh: Dr. KH. Imam Ghazali Said., MA
Sabtu, 11 November 2017 10:48 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 16 November 2017 12:03 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Chelsea Louise Thompson, artis berusia 27 tahun ini pamer lekuk tubuh indahnya, di kamar mandi. Foto telanjangnya diupload dengan caption: Waktu mandi.Dalam foto itu, tampak satu lengannya dipergunakan untuk menut...