Kamis, 21 Juni 2018 19:00

Ribuan Masyarakat Jatim Terima Sertifikat Tanah dari Presiden Jokowi

Senin, 06 November 2017 20:08 WIB
Editor: Yudi Arianto
Wartawan: Hendro Utomo
Ribuan Masyarakat Jatim Terima Sertifikat Tanah dari Presiden Jokowi
Presiden Jokowi saat memperlihatkan sertifikat tanah di depan masyarakat yang akan menerimanya.

MADIUN BANGSAONLINE.com - Presiden Republik Indonesia Ir. H. Joko Widodo menyerahkan sebanyak 8.950 sertifikat tanah kepada warga dan petani dari 5 kabupaten/kota, Senin (6/11), bertempat di Alun-alun Ki Rekso Gati Mejayan Caruban. 

Ke-5 kabupaten/kota yang dimaksud yaitu Kabupaten Madiun sebanyak 5000 bidang, Kota Madiun sebanyak 200 bidang, Kab. Ngawi sebanyak 2500 bidang, Kab. Magetan sebanyak 1000 bidang dan Kab. Ponorogo sebanyak 250 bidang.

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengatakan, banyak masyarakat Indonesia yang akhir-akhir ini mengeluhkan masalah sertifikat tanah. Sertifikat merupakan hak hukum bukti kepemilikan atas tanah yang dimiliki oleh masyarakat. "Dengan adanya sertifikat tanah ini diharapkan tidak akan lagi ada sengketa tanah," jelasnya. 

Dijelaskan, pada tahun 2017 pemerintah menargetkan 5 juta bidang sertifikat tanah akan rampung. Tahun depan meningkat lagi menjadi 7 juta dan seterusnya menjadi 9 juta. Diharapkan di Jawa Timur pada tahun 2023 semua tanah sudah bersertifikat. 

Presiden RI berharap agar BPN kerja keras siang malam untuk dapat menyelesaikan sertifikat itu yang merupakan bentuk pelayanan aparat kepada masyarakatnya.

Kepada masyarakat yag menerima sertifikat Jokowi berpesan agar sertifikat disimpan dan dirawat yang rapi dan aman. Ia juga mengingatkan untuk memfotokopi sertifikat tersebut, agar kalau hilang dapat dengan mudah dicari penggantinya.

"Manfaatkan sertifikat ini untuk mendapatkan modal usaha dengan menjadikan sertifikat sebagai agunannya. Uang pinjaman dari bank hendaknya dimanfaatkan untuk modal kerja dan investasi. Jangan sekali-kali untuk membeli mobil atau motor. Sesuaikan pinjaman dengan kemampuan angsurannya," pesan RI 1 ini.

Sebagaimana biasa saat berkunjung ke daerah, Presiden RI selalu menyempatkan diri untuk bercanda dengan masyarakat dengan menghafal Pancasila serta membagikan hadiah sepeda angin dalam kunjungan kerjanya di wilayah Kabupaten Madiun.

Sementara itu, Menteri Agraria dan Tataruang dan Kepala BPN RI Sofyan Al Jalil melaporkan bahwa pada tahun 2018 di Jawa Timur aka ada 6 Kab/Kota yang 100 % bersertifikat. Dan di Kab. Madiun tahun 2018 akan 100 % terdaftar dan untuk Jawa timut sertifikat tanah akan selesai pada tahun 2023. "Ini sebagai komitmen pemerintah masalah sertifikat tanah untuk rakyat," ucapnya. 

Hadir pula dalam kesempatan itu, Gubernur Jawa Timur Soekarwo beserta anggota Forkopimda Jawa Timur, Kepala PBN di Jawa Timur, bupati dan walikota dari warga penerima sertifikat, Kepala OPD se-Kab. Madiun, Camat se-Kab. Madiun serta ribuan masyarakat yang menerima sertifikat. (hen/ian)

Rabu, 20 Juni 2018 03:21 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*UNGKAP syukur terekspresikan penuh hikmat kebijaksanaan dalam merayakan Hari Kemenangan, Idul Fitri, 1 Syawal 1439 H. Alhamdulillah saya diberi kemampuan oleh-Nya untuk melintas, menjelajah, menempuh kembali jalan-jalan kampung d...
Minggu, 20 Mei 2018 12:10 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Wa-aataynaa muusaa alkitaaba waja’alnaahu hudan libanii israa-iila allaa tattakhidzuu min duunii wakiilaan (2).Dzurriyyata man hamalnaa ma’a nuuhin innahu kaana ‘abdan syakuuraan (3).Minggu-...
Kamis, 21 Juni 2018 01:57 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Rabu, 20 Juni 2018 22:03 WIB
PAMEKASAN, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Jumiang yang terletak di Desa Tanjung, Kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan, Madura, mulai diserbu pengunjung pada liburan Hari Raya Idul Fitri 1439 H, Rabu (20/6).Bahkan ratusan pengunjung terliha...