Sabtu, 25 Januari 2020 19:36

Bupati Sidoarjo Tegas Menolak Rencana Baiat ISIS di Sidoarjo

Jumat, 08 Agustus 2014 13:57 WIB
Editor: mustain
Bupati Sidoarjo Tegas Menolak Rencana Baiat ISIS di Sidoarjo
TOLAK ISIS - Bupati Sidoarjo H Saiful Ilah. foto mustain/BangsaOnline

SIDOARJO (BangsaOnline) - Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menolak tegas kehadiran gerakan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Kabupaten Sidoarjo. Pihaknya siap mengambil langkah tegas dengan kabar rencana baiat anggota ISIS yang dilakukan di salah satu desa di kawasan Kecamatan Balongbendo.

Saiful mengatakan pihaknya juga meminta para camat dan kepala desa (kades) memantau informasi soal ISIS di Kabupaten Sidoarjo. "Kami minta para camat dan kades untuk memantau informasi tentang ISIS," cetus Abah Ipul, panggilan karib Saiful Ilah, Jumat (8/8/2014).

Pada Kamis (7/8/2014), Bupati Saiful juga telah menggelar pertemuan dengan Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) dan Forum Lintas Agama di Pendapa Delta Wibawa. Usai pertemuan tersebut, Pemkab Sidoarjo tegas menolak tegas keberadaan ISIS di Kota Delta ini.

Larangan tersebut telah dikoordinasikan dengan instansi terkait di kawasan Balongbendo. “Jika tetap mengadakan gerakan ya kita usir,” ujar Saiful seusai menghadiri rapat koordinasi pembahasan ISIS di Pendapa Delta Wibawa, Kamis (7/8/2014).

Dia mengungkapkan, Pemkab Sidoarjo akan menelusuri kepemilikan bangunan dan tanah di kawasan tersebut. Tim yang dipimpin oleh Sekda Sidoarjo akan melihat secara seksama surat tanah dan bangunan yang saat ini dihuni oleh salah satu ormas Islam. “Jika nantinya tanah dan bangunan itu milik Pemkab ya harus kita segel,” ucapnya.

Kapolres Sidoarjo AKBP Marjuki mengatakan, pengawasan di kawasan Islamic Center Balongbendo yang diduga akan dijadikan pembaiatan ISIS akan diperketat. Anggotanya juga akan terus memantau situasi jika ada gerakan ISIS yang akan melakukan pembaiatan. “Kami berharap tidak ada kegiatan tersebut karena sudah dilarang,” jelasnya.

Dia berharap, agar masyarakat di kawasan Balongbendo maupun sekitarnya tidak terpengaruh dengan ajakan gerakan ISIS. Masyarakat diharapkan bisa memahami gerakan ISIS yang dianggap meresahkan tersebut. “Kami terus memantau perkembangan yang ada sekarang,” ujar mantan Kapolres Jombang ini.

Ketua PCNU Sidoarjo KH Abdi Manaf mengatakan, NU Sidoarjo bersama tokoh lintas agama menolak kehadiran ISIS di Sidoarjo. Pihaknya mendesak agar pemerintah adan aparat berwenang di Sidoarjo untuk menindak masyarakat yang berhubungan langsung maupun tidak dengan ISIS. “Penindakan harus dilakukan sesuai dengan aturan karena mereka juga saudara kita,” pungkasnya.

Disnak Jatim Pastikan Telur yang Beredar Aman dan Sehat untuk Dikonsumsi
Rabu, 20 November 2019 13:57 WIB
Kepala Disnak Jatim, Wemmi Niamawati melakukan kampanye telur ayam Jawa Timur sehat, bebas zat beracun bersama staf di halaman Kantor Disnak Jatim.Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dengan melaksanakan kampanye "Telur Ayam Jawa Timur Sehat Bebas Za...
Senin, 20 Januari 2020 10:16 WIB
KOTA BATU, BANGSAONLINE.com - Lembah Songgoriti, Kelurahan Songgokerto, Kecamatan Batu, Kota Batu tidak hanya menyimpan potensi wisata pemandian air panasnya yang sangat terkenal itu.Satu aset wisata terpendam Kota Batu yang belum tergali adal...
Senin, 13 Januari 2020 16:17 WIB
Oleh: M Mas’ud AdnanKHM Yusuf Hasyim wafat pada 14 Januari 2007. Putra Hadratussyaikh KHM Hasyim Asy'ari itu selain dikenal sebagai tokoh NU dan komandan Laskar Hizbullah juga pengasuh Pesantren Tebuireng selama 41 tahun (1965-2006). Untuk mengenan...
Sabtu, 25 Januari 2020 10:40 WIB
Oleh: Dr. KH. A Musta'in Syafi'ie M.Ag*80. Waqul rabbi adkhilnii mudkhala shidqin wa-akhrijnii mukhraja shidqin waij’al lii min ladunka sulthaanan nashiiraan.Dan katakanlah (Muhammad), ya Tuhanku, masukkan aku ke tempat masuk yang benar dan keluark...
Selasa, 21 Januari 2020 13:25 WIB
>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Prof. Dr. KH. Imam Ghazali Said, MA. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<&...