Sumber Air Ngipeng, Dulu dan Kini

Sumber Air Ngipeng, Dulu dan Kini Sumber air Ngipeng yang airnya terus surut.

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Beberapa tahun yang lalu nama sumber air Ngipeng yang berada di Desa Temayang, Kecamatan Kerek, Kabupaten sempat moncer hingga menjadi destinasi wisata air dan bumi perkemahan.

Namun, kini kondisi sumber air Ngipeng berubah 180 derajat, sangat bertolakbelakang dari kondisinya yang dulu. Airnya kian hari semakin berkurang, pohon rindang yang menutupinya juga kian habis.

Jika dahulu rindang dan sejuk, maka saat ini kering dan gersang. Kondisi semacam ini diperparah dengan warga yang menjadikannya sebagai tempat pembuangan sampah.

Sukadi warga setempat, prihatin atas hal ini. Ia menyesalkan keringnya sumber ari Ngipeng. Padahal, sumber air itu sangat dibutuhkan warga untuk keperluan sehari-hari.

"Ini sumber air yang besar, tapi sayang justru tidak ada air, kondisinya sangat parah banyak sampah. Semua air dilewatkan pipa," bebernya saat ditemui BANGSAONLINE.com, Kamis, (19/10).

Terkait dengan hal tersebut, Kurdiono, Kasi Pengendalian Dampak dan Analisis Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten menyatakan sudah berusaha mengoptimalkan sumber air dengan melakukan penanaman pohon di wilayah Hargoretno.

"Ngipeng itu sumber air, namun belum tentu tangkapan air (catchment) ada di sana. Jadi kita optimalkan penanaman pohon ada di wilayah Hargoretno dengan harapan efeknya akan ke situ. Saat ini di Ngipeng sudah banyak pihak yang berperan, dari Dinas terkait dan CSR perusahaan yang ada," cetus Kurdi. (tbn1/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Perahu Penyeberangan Tenggelam di Bengawan Solo, Belasan Warga Dilaporkan Hilang':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO