Sabtu, 20 Januari 2018 06:16

Satgas Dana Desa 'Turun Gunung' ke Probolinggo, Buntut Banyaknya Dugaan Pemotongan DD

Kamis, 12 Oktober 2017 18:46 WIB
Wartawan: Andi Sirajudin
Satgas Dana Desa

PROBOLINGGO, BANGSAONLINE.com - Rombongan Satuan Petugas (Satgas) Dana Desa (DD) mendatangi Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Probolinggo dan sejumlah perkantoran Pemkab Probolinggo, Kamis (12/10). Hal itu menyusul dengan mencuatnya isu dugaan pemotongan Dana Desa yang dilakukan oleh sejumlah oknum di kantor Kecamatan, Kabupaten setempat.

Sasaran pertama yang didatangi rombongan tim Satgas Dana Desa adalah Kejari, dan rencananya juga akan mendatangi kantor Inspektorat.

Eko Bambang, selaku Wakil Ketua Satgas Dana Desa Pusat mengatakan, kedatangan dirinya bersama rombongan hanya memberi support atau memberi dukungan moral. Namun, jika di Kabupaten Probolinggo terdapat penyalahgunaan Dana Desa, pihaknya tidak segan untuk menindak lanjutinya.

Untuk anggaran Dana Desa, kata Eko, harus difungsikan dengan baik dan itu tidak alasan untuk dititipkan. Dana itu harus benar-benar difungsikan untuk kegiatan di desa dan sesuai dengan tupoksi para pejabat yang punya wewenang untuk Dana Desa di Kantor Kecamatan di mana ia bertugas.

“Saat ini di Kabupaten Probolinggo, sedang ada beberapa yang sedang ditangani. Dana Desa tidak bisa dititipkan, itu harus tetap pada sasarannya dan harus difungsikan dengan baik, sebagaimana prioritas penggunaan Dana Desa itu,” jelas Eko, usai melakukan koordinasi dukungan moral di Kejari Kabupaten Probolinggo.

Eko menjelaskan, ada bermacam-macam jenis penyalahgunaan DD, baik itu bisa karena ketidakpahaman pengelola, atau ada niat juga untuk membuat Dana Desa itu menyimpang. "Jika di Kabupaten Probolinggo ada penyalahgunaan, itu harus diberi sanksi yang tegas, tidak boleh dibiarkan," ujarnya.

Sedangkan di Kabupaten Probolinggo sendiri terdapat dua dugaan kasus pemotongan Dana Desa oleh oknum Kasi Pembangunan Desa, salah satunya di Kecamatan Paiton dan Kecamatan Gading yang belakangan ini mencuat. (ndi/rev)

Oleh: Suparto Wijoyo*
Rabu, 17 Januari 2018 18:53 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo*PILKADA hadir menjadi pesona yang memukaukan pandangan bagi mereka yang gandrung kekuasaan. Hiruk pikuknya dianggap sebagai tembang yang melantunkan merdunya kosa kata. Kampanye digelar guna meneriakkan cita-cita menjemput takdir...
Sabtu, 13 Januari 2018 23:58 WIB
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . . Subhaana alladzii asraa bi’abdihi laylan mina almasjidi alharaami ilaa almasjidi al-aqshaa alladzii baaraknaa hawlahu linuriyahu min aayaatinaa innahu huwa alssamii’u albashiiru (1)."Subhaana alladzii as...
Oleh: Dr. KH. Imam Ghazali Said., MA
Sabtu, 13 Januari 2018 10:54 WIB
>>>>>> Rubrik ini menjawab pertanyaan soal Islam dalam kehidupan sehari-hari dengan pembimbing Dr. KH. Imam Ghazali Said. SMS ke 081357919060, atau email ke bangsa2000@yahoo.com. Jangan lupa sertakan nama dan alamat. <<<<...
Kamis, 18 Januari 2018 23:31 WIB
LONDON, BANGSAONLINE.com - Nell McAndrew (44), mantan model glamour tetap mempertahankan pola hidup sehat. Dia rutin berlatih dan minum jus. Tak heran, di usianya yang tak muda lagi, tubuhnya masih sintal. Saat di puncak kariernya, wajah dan lekuk ...