Disaksikan Kabaharkam dan Kapolda, 16 Perguruan Silat di Bojonegoro Bersumpah Damai

Disaksikan Kabaharkam dan Kapolda, 16 Perguruan Silat di Bojonegoro Bersumpah Damai Para perwakilan dari perguruan silat foto bersama usai sumpah damai. foto: EKY NURHADI/ BANGSAONLINE

BOJONEGORO, BANGSAONLINE.com - Ribuan anggota perguruan silat dari enam belas kelompok silat antusias mengikuti apel besar Bojonegoro Kampung Pesilat (BKP) di Alun Alun Bojonegoro, Selasa (3/10). Enam belas organisasi kelompok silat itu disatukan oleh Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu Sri Bintoro untuk dideklarasikan menjadi mitra Kamtibmas.

Enam belas perguruan yang dideklarasikan menjadi Bojonegoro Kampung Pesilat antara lain Margaluyu, Bunga Islam, PSHW Winongo, RASA, Rajekwesi, Melati Putih, Cempaka Putih, Persinas ASAD, Pangastuti, Perisai Diri, Tapak Suci, PSHT, Kera Sakti, Macan Telaga Merah, Pencak Organisasi dan Pagar Nusa.

Kabaharkam Polri, Komjen Pol Patut Eko Bayuseno menjadi inspektur dalam apel tersebut. Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin, Kakorbinmas Baharkom Polri, Irjen Pol Arkian Lubis, Bupati Bojonegoro Suyoto, Kapolres Bojonegoro, AKBP Wahyu S Bintoro serta Pimpinan DPRD dan tamu undangan lainnya mengikuti dan menyaksikan jalannya apel dan deklarasi.

"Seluruh perwakilan masing-masing perguruan silat di Kabupaten Bojonegoro kita minta membaca ikrar dan sumpah berdamai. Jika beberapa tahun terakhir mereka saling bermusuhan, kini kita satukan," jelas Kapolres Wahyu S Bintoro.

Selain itu juga dilakukan penandatanganan prasasti oleh Kabaharkam Polri yang disaksikan oleh tamu undangan penting dikesempatan ini. "Juga ada peragaan jurus PATUH dari seluruh perguruan yang dilakukan secara bersama-sama. Sinergitas ini menunjukkan bahwa Polri adalah mitra masyarakat dalam semua tingkatan usia," ujar Kapolres menambahkan.

Kunjungan kerja Kabaharkam Polri dan Kapolda Jatim di Bojonegoro ini juga sekaligus meresmikan rumah kantor Babinkamtibmas yang disimboliskan di Desa Banjarsari, Kecamatan Trucuk. Selain itu juga diresmikan kantor Polsek yakni Polsek Ngraho, Kepohbaru dan Tambakrejo yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Kabaharkam Polri. (nur/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO