Sabtu, 21 Juli 2018 11:16

Teguk Kopi Biji Salak Desa Kramat Bangkalan, Wes Ewes Ewes Bablas Penyakite

Selasa, 03 Oktober 2017 10:58 WIB
Editor: Choirul
Wartawan: Tari
Teguk Kopi Biji Salak Desa Kramat Bangkalan, Wes Ewes Ewes Bablas Penyakite
Tampilan kopi biji salak. foto: TARI/ BANGSAONLINE

BANGKALAN, BANGSAONLINE.com - Biji salak bisa diolah menjadi kopi. Gak percaya? Datanglah ke Markolak Timur, Kramat, Bangkalan. Ada kelompok tani bernama AM Budi Makmur yang berhasil mengolah biji salak menjadi kopi, yang berasa unik. Dan mempunyai manfaat kesehatan bejibun.

Kopi ini memang belum sepopuler dengan kopi pada umumnya. Namun, kopi biji salak khas Desa Kramat ini memiliki khasiat untuk kesehatan bagi penikmat kopi.

Saniah (52), Ketua Kelompok Tani, merupakan satu pengusaha olahan buah salak, termasuk memanfaatkan bijinya untuk kopi. Memang, tidak melulu berisi biji salak, namun dengan takaran tertentu diberi biji kopi.

Biji salak ini dikumpulkan dari sisa buah salak yang telah dioleh menjadi aneka jajanan. Diawali biji salak dijemur kering, lalu disangrai bersama biji kopi. Barulah dilembutkan.

Saniah bisa menghabiskan 60 kg biji salak per hari. Salak-salak ini diambil dari kebun salak yang ditanam di depan halaman rumahnya. Buah salak ini dirawat pekerjanya. Sania juga membeli hasil panen raya di kampungnya, Gudang milik Saniah dipenuhi dengan 200 kg buah salak. Salak ini dipanen 2 kali dalam 1 tahun.

Kandungan kopi biji salak terdapat karbohidrat (10,6), lemak (0,1), protein (1,3), kadar vitamin C (0,0), kalori (48,1). Selain terdapat kandungan gizi, kopi biji salak juga memiliki beberapa khasiat untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi kopi biji salak bisa menjadi salah satu alternatif alami untuk menyembuhkan penyakit asam urat.

Selain itu, kopi biji salak ini bisa memperlancar sistem pencernaan, menambah ketahanan dalam tubuh, kandungan protein dalam kopi biji salak ini bisa meningkatkan kinerja otot dan kopi biji salak juga bisa menjadi cara alami untuk mencegah risiko terjadinya kanker serta menjadi obat untuk menurunkan penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi

“Kopi biji salak ini sudah saya kelola selama kurang lebih 11 tahun. Pada awalnya saya hanya mengelola daging buah salak kemudian mencari inovasi untuk menggunakan biji salaknya, pada akhirnya saya menemukan inovasi untuk membuat kopi dari biji salak,” tutur Saniah, selaku Ketua Anggota Tani.

Penikmat kopi biji salak bisa mendapatkan kopi biji salak di kawasan Dusun Mor Kolak, Desa Kramat, Kecamatan Bangkalan, Kabupaten Bangkalan, Madura.

Selain dijual di tempat pembuatan, kopi biji salak ini juga dijual di tempat olahan oleh – oleh di Bangkalan. Satu 1 bungkus kopi biji salak dijual seharga Rp 20 ribu.

Keuntungan yang didapatkan bisa mencapai Rp 1 juta sampai Rp 5 juta per bulannya dari kopi. Sedangkan omsetnya bisa mencapai Rp. 30 juta per bulan.

Karena inovasinya di berbagai bahan olahan salakini, Saniah meraih beberapa penghargaan, yaitu:. Penghargaan pada lomba Kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) terbaik Tahun 2006, Pemenang pertama Petani Teladan Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2009, Pemenang ketiga Lomba Optimalisasi Pekarangan Melalui Vertikultur Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2009. Selain itu, pemenang kedua Lomba Agrobisnis Tanaman Pangan dan Hortikultura Komoditas Tanaman Buah Tingkat Provinsi Jawa Timur Tahun 2009, Penghargaan Koperasi Wanita yang berkinerja baik Program Pemberdayaan Usaha Skala Mikro (Kopwan) nasional Tahun 2009, Penghargaan Petani Teladan Tingkat Nasional Tahun 2009. (Tari/UTM)

Oleh: Suparto Wijoyo*
Rabu, 18 Juli 2018 16:49 WIB
Oleh: Suparto Wijoyo* KABAR pating semliwer memenuhi angkasa dan terhelat dalam belantara bumi nusantara. Para petinggi dan penglamun kekuasaan sedang merancang skenario untuk dapat bertahan, tidak hendak beringsut, tak rela bergeser, apalagi l...
Selasa, 03 Juli 2018 04:36 WIB
Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag
Oleh: Dr. KHA Musta'in Syafi'ie M.Ag. . .   Fa-idzaa jaa-a wa’du uulaahumaa ba’atsnaa ‘alaykum ‘ibaadan lanaa ulii ba'sin syadiidin fajaasuu khilaala alddiyaari wakaana wa’dan maf’uulaan (5).Teks ayat kaji ini jelas sekali, beta...
Sabtu, 21 Juli 2018 10:50 WIB
Assalamualaikum ustaz. Saya mau tanya, saya sudah dilamar bulan Februari lalu. Tapi, sampai bulan Juli ini sya belum dinikahkan juga dengan pria yang melamar saya tersebut. Padahal saya sangat ingin dinikahkan sesegera mungkin setelah khitbah. Pih...
Senin, 16 Juli 2018 20:00 WIB
TUBAN, BANGSAONLINE.com - Obyek wisata Pantai Kelapa yang berada di Kelurahan Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban terus berbenah. Beberapa fasilitas penunjang di kawasan obyek wisata pantai tersebut dirombak dan ditambah guna meningkatkan day...