Bupati Tuban: PMI Harus Bangun Masyarakat yang Tangguh Bencana

Bupati Tuban: PMI Harus Bangun Masyarakat yang Tangguh Bencana

TUBAN, BANGSAONLINE.com - Bupati Tuban, H Fathul Huda meminta kepada pengurus PMI Kabupaten Tuban agar selalu tangguh terhadap pengurangan risiko bencana.

"Kita harapkan tidak hanya tangguh dalam menghadapi bencana, tetapi yang lebih utama adalah PMI harus tangguh melakukan kegiatan pengurangan risiko bencana dan mengatasi masalah sosial lainnya,” pinta Fathul Huda saat menjadi inspektur upacara HUT PMI ke-72 di halaman gedung pemkab, Selasa (26/9).

Bupati yang juga mantan Ketua PCNU Tuban ini berharap, Palang Merah Indonesia (PMI) bisa memerdekakan masyarakat dari bencana, dari permasalahan kesehatan dan persoalan sosial di usianya yang ke-72.

Menurut Bupati, saat ini masih banyak masyarakat yang terkena atau terdampak bencana, seperti letusan gunung berapi, banjir, tanah longsor, kebakaran dan yang sekarang terjadi hampir di seluruh indonesia adalah bencana kekeringan.

"Kehadiran PMI di sini perlu membangun masyarakat tangguh. Ke depan PMI harus terus meningkatkan dan mempererat kerjasama dengan para mitra, para pemangku kepentingan dan instansi lintas sektoral. Hal itu perlu dilakukan untuk bersama membangun masyarakat yang dapat melakukan upaya-upaya pencegahan dan pengurangan risiko bencana," sambungnya.

"Kesiapan menghadapi dan mengurangi risiko bencana harus menjadi bagian dari budaya bersama agar masyarakat selalu siap siaga dan tumbuh menjadi masyarakat yang tangguh terhadap bencana," pungkasnya. (wan/rev) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO