DKPP Kota Mojokerto Bagikan Joper Unggul

DKPP Kota Mojokerto Bagikan Joper Unggul Happy Dwi P (kanan), Kepala DKPP Kota Mojokerto.

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Mojokerto membuat terobosan peningkatan ekonomi rakyat. Caranya, yakni dengan memberikan hewan ternak ayam kampung jenis Joper alias Jowo Perkasa.

Sebanyak enam warga di berbagai kelurahan diberi tujuh ayam yang terdiri dari satu indukan jago dan enam ayam babon.

“Kami berharap joper ini dapat dikembangkan warga sekaligus untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” kata Happy Dwi Prasetyawan, Kepala DKPP Kota Mojokerto usai penyerahan bantuan, Minggu (3/9).

Sebanyak 42 ekor ayam Joper itu memiliki body tubuh yang besar. Jenis ayam itu hasil persilangan yang dilakukan DKPP antara ayam kate yang berukuran kecil dengan ayam ketawa.

“Kita di DKPP yang melakukan persilangan, Diberikan kepada warga untuk meningkatkan populasi unggas di Kota Mojokerto ini,” urai Happy.

Menurut Happy, bantuan ayam itu bisa dibiakkan warga dan bisa menghasilkan telur maupun anakan ayam. Untuk dibagikan ke warga berikutnya, DKPP juga sedang menetaskan 100 telur ayam Joper. Nantinya, anak ayam yang menetas akan diberikan kepada warga.

“Kita prioritaskan warga yang kurang mampu. Hasil biakan berupa telur bisa dinikmati warga sebagai peningkatan gizi,” jelas dia.

Ditambahkannya, petugas penyuluh lapangan diinstruksikan untuk mengawal bantuan tersebut. Apabila ada gangguan kesehatan atau bibit penyakit, segera ditindaklanjuti petugas. “Vaksin dan obat bisa meminta kepada kami. Kalau ada temuan penyakit bisa lapor agar petugas kami datang ke lokasi,” tambah Happy. (yep/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO