Dalami Perdamaian, Kader Penggerak Lintas Agama Ziarah ke Makam Gus Dur

Dalami Perdamaian, Kader Penggerak Lintas Agama Ziarah ke Makam Gus Dur

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 40 orang dari berbagai agama ziarah ke makam KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di komplek pemakaman Ponpes Tebuireng , Rabu (12/7/2017). Para peserta training penggerak perdamaian dan toleransi dari sejumlah wilayah di pulau Jawa ini ingin meneladani ajaran merajut kebhinekaan sebagai warisan Gus Dur.

Tak seperti peziarah pada umumnya, kader penggerak perdamaian yang mengikuti kegiatan PGI (Persekutuan Gereja-Gereja Indonesia) dan GUSDURian ini menyanyikan lagu Indonesia Raya bersama - sama. "Makam Gus Dur adalah destinasi wajib bagi siapapun yang ingin mencecap semangat membangun kebhinnekaan di Indonesia," tutur Aan Anshori, kordinator panitia.

Menurutnya, ancaman intoleransi yang memecah belah bangsa sudah sangat kasat mata dan membahayakan NKRI. Diperlukan upaya konkret menyiapkan sebanyak mungkin kader penggerak untuk menangkal ekstrimitas agama yang sanggup bekerja secara organik di komunitas.

Para peserta yang hadir di makam tadi berasal dari hampir seluruh agama atau keyakinan,baik Kristen, Katolik, Hindu, Buddha, Islam dan Penghayat Kepercayaan. Setiap perwakilan memanjatkan doa sesuai kepercayaannya masing-masing. Selain membawa bunga untuk ditabur, tidak sedikit dari mereka yang membawa hio ke pusara.

Setelah doa selesai dipanjatkan, para peserta selanjutnya menyanyikan lagu Padamu Negeri bersama. Peristiwa tidak lazim ini sontak menyita perhatian ratusan peziarah lain yang juga hadir. Bahkan banyak di antara mereka yang mengabadikannya.

"Gus Dur, saya kira, milik semua orang yang mencintai bangsa ini dengan seluruh keragaman yang ada di dalamnya. Kami hadir untuk belajar dari semangat Gus Dur," tutur Pendeta Penrad Siagian, perwakilan PGI sebelum memimpin doa.

Setelah dari Tebuireng, rombongan ini selanjutnya melanjutkan perjalanan menuju GKJW Mojowarno dan Pura Amarta Bhuana Ngepeh Ngoro. (rom)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Lihat juga video 'Video Vanessa Angel dan Suami Kecelakaan di Tol Jombang, Anak Selamat':


Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO