Inovasi Tiga Kandidat Dirut PDAM Kota Mojokerto Diuji

Inovasi Tiga Kandidat Dirut PDAM Kota Mojokerto Diuji

KOTA MOJOKERTO, BANGSAONLINE.com - Tiga orang kontestan Direktur PDAM Kota Mojokerto bakal diuji inovasinya terhadap pengembangan perusahaan plat merah ini. Tes wawancara itu sebagai tahapan tes sebelum diserahkan kepada Wali kota untuk didefinitifkan.

Ketiganya yakni Rachmawati Widyastuti dari Madiun, Lewan Prasetya dari Kabupaten Sidoarjo dan Mohammad Khairul Anwar dari Kota Pasuruan.

Upaya lelang jabatan ini diharapkan mendongkrak manajemen BUMD milik Pemkot yang kondisinya terus terpuruk.

Kursi PDAM setempat sendiri saat ini dipimpin pejabat sementara (pjs). Wali Kota Mas’ud Yunus menunjuk Trisna Palupi yang notabene mantan direktur sebelumnya. Kemudian, pansel juga telah menerima hasil uji kelayakan dan kepatutan dari tim akademisi asal Malang yang diikuti tiga peserta.

Tahapan selanjutnya, adalah wawancara dengan tim pansel yang terdiri dari dewan pengawas, pansel, dan DPRD Kota Mojokerto. ’’Tiga peserta yang sudah menjalani uji kelayakan dan kepatutan akan menempuh ujian wawancara,’’ ungkap Sumarmi Astuti, salah satu tim pansel, Kamis (6/7).

Dikatakannya, dalam tes wawancara tersebut, ketiga peserta diminta menyuguhkan visi-misi apabila terpilih sebagai direktur PDAM Tirta Maja. Tes ini dipandang punya nilai strategis dalam penentuan calon direktur terpilih. ’’Tesnya bulan ini. Masih disusun jadwalnya. Nanti kita lihat visi misinya,’’ kata Sumarmi.

Visi misi para peserta seleksi tersebut bakal menentukan PDAM Tirta Maja ke depannya. DIketahui, BUMD Pemkot tersebut terpuruk dengan kondisi keuangan yang terus defisit selama beberapa tahun terakhir ini. Kendati, selama empat tahun belakangan selalu dikucuri modal dari Pemkot.

Pasca tes wawancara, pansel bakal menghitung jumlah nilai kumulatif. Hingga, nantinya muncul perangkingan. Hasil penilaian pansel bakal disuguhkan kepada Walikota Mas’ud Yunus. ’’Nanti, pak Walikota yang menentukan,’’ tandas perempuan yang juga Kabag Perekonomian Sekdakot ini.

Ketiga peserta tersebut merupakan peserta yang lolos dalam rangkaian tes sebelumnya. Seperti seleksi administrasi. Dimana, awalnya terdapat lima pendaftar yang kemudian dikerucutkan menjadi tiga pendaftar. Kesemuanya diwajibkan berlatar belakang dan atau berpengalaman terhadap bidang manajemen pengairan. (yep)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO