Kirab Tumpeng Ketupat Cokelat untuk Rayakan Kupatan di Kampung Coklat, Blitar

Kirab Tumpeng Ketupat Cokelat untuk Rayakan Kupatan di Kampung Coklat, Blitar Tumpeng ketupat cokelat saat diarak oleh ratusan warga Kampung Coklat. foto: AKINA/ BANGSAONLINE

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Kupatan merupakan tradisi masyarakat Jawa yang selalu digelar setelah perayaan hari raya Idul Fitri dengan membuat ketupat dan dimakan bersama anggota keluarga. Namun, ada yang unik dari perayaan kupatan di Blitar. Tepatnya di wisata edukasi Kampung Coklat, Desa Plosorejo, Kecamatan Kademangan.

Berbeda dengan ketupat biasa, di Kampung Coklat ketupat dimasak dengan menggunakan campuran cokelat bubuk. Ketupat cokelat itu kemudian disusun menjadi tumpeng dan diarak sejauh 10 km, dengan iringan lantunan sholawat, Minggu (1/07).

Setelah dikirab, kemudian tumpeng ketupat cokelat itu didoakan dan dimakan bersama-sama oleh ratusan pengunjung yang telah memadati lokasi sejak pagi. Bahkan ratusan pengunjung terlihat berdesakan untuk mendapatkan ketupat cokelat tersebut.

"Kirab tumpeng ketupat cokelat bertujuan untuk melestarikan budaya dan sebagai wujud rasa syukur. Dan karena tempatnya di Kampung Coklat, maka ketupatnya kita buat berbeda dengan menambahkan coklat bubuk," ungkap Kholid Mustofa (43) pengelola wisata edukasi Kampung Coklat, Minggu (2/07).

Kata Kholid, dari tahun ke tahun, antusiasme pengunjung selalu meningkat. Sehingga, di tahun keempat gelaran kirab tumpeng ketupat cokelat, panitia menambah jumlah ketupat. Jika tahun lalu jumlah ketupat hanya sebanyak 1.500 biji, tahun ini panitia menambah menjadi 2.500 biji ketupat.

"Tahun lalu karena banyak pengunjung yang antusias ketupat yang kami siapkan kurang, sehingga tahun ini kita tambah jadi 2.500 ketupat, " tuturnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO