Kiai Kampung Sodorkan 3 Nama Birokrat, Bupati Banyuwangi Daftar Cawagub PDIP

Kiai Kampung Sodorkan 3 Nama Birokrat, Bupati Banyuwangi Daftar Cawagub PDIP Para kiai kampung saat menyerahkan surat terkait aspirasi kiai kampung se-Jawa Timur di Gedung Negara Grahadi. foto: DIDI ROSADI/ BANGSAONLINE

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas resmi mendaftar sebagai bakal calon wakil gubernur (Bacawagub) PDIP Jawa Timur. Azwar Anas diwakili ketua DPC PDIP Banyuwangi, mengambil formulir ke kantor PDIP Jatim Jalan Kendangsari Surabaya pada hari terakhir pendaftaran, Rabu (14/6).

"Barusan Bupati Banyuwangi mendaftar, namun yang mengambil formulir ketua DPC PDIP Kabupaten Banyuwangi," kata Sekretaris DPD PDIP Jatim Sri Untari Bisowarno.

Dia memastikan Azwar Anas adalah pendaftar terakhir sebagai Bacagub di PDIP Jatim. Total ada lima pendaftar Bacawagub yang melamar ke partai berlambang moncong putih itu.

Mereka adalah Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi, Bupati Ngawi Budi Sulistiyo (Kanang), anggota komisi E DPRD Jatim Suhandoyo, anggota DPR RI Said Abdullah dan terakhir Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

”Kalau yang daftar sebagai gubernur hanya Gus Ipul,” jelas Sri Untari.

Wanita yang juga menjabat ketua Fraksi PDI Perjuangan ini melanjutkan, keenam calon tersebut telah dipasangkan untuk disurvei oleh tim internal partai. Hanya saja, dia masih enggan menyebutkan pasangan-pasangan tersebut.

"Nanti itu hasil survei akan keluar dua minggu kemudian. Hasilnya sudah keluar sesuai pasangannya dan diserahkan ke DPP. Tapi dari enam pendaftar yang hanya menentukan cagub dan cawagub hanya dua orang. Yaitu Gus Ipul (Saifullah Yusuf) sebagai cagub dan Kusnadi cawagub. Sedangkan lainnya mendaftar tanpa menentukan sebagai apa," bebernya.

Sri Untari memastikan nama Risma dan Khofifah tidak mendaftar sebagai Bacagub atau Bacawagub di partainya.”Kelihatannya ini terakhir karena sudah tidak ada yang komunikasi lagi,” pungkas dia.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO