PDIP Segera Daftarkan Bu Risma sebagai Cagub Jatim, Wacana Calon Tunggal Jalan Buntu

PDIP Segera Daftarkan Bu Risma sebagai Cagub Jatim, Wacana Calon Tunggal Jalan Buntu Tri Rismaharini.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Wacana calon tunggal untuk pemilihan Gubernur Jawa Timur yang dilontarkan Ketua Partai Demokrat Jawa Timur Dr H Soekarwo dan Ketua DPW PKB Jawa Timur H A Halim Iskandar tampaknya menemui jalan buntu. Hanya 2 hari berselang dari wacana itu dilontarkan, banyak pimpinan partai bereaksi, bahkan tersinggung. Bahkan DPC PDI Perjuangan Surabaya langsung mau mendaftarkan Wali Kota Tri Rismaharini sebagai bakal calon gubernur di Pilgub Jawa Timur 2018 pekan depan.

"Hasil rapat partai yang digelar Jumat malam, DPC PDIP Surabaya memutuskan akan mengusulkan Ibu Tri Rismaharini sebagai bacagub Jatim lewat PDIP. Pekan depan kami akan mengambil formulir pendaftarannya," kata Sekretaris DPC PDIP Surabaya Syaifudin Zuhri.

Ketua Komisi C DPRD Surabaya ini menegaskan bahwa Risma adalah kader terbaik PDIP di Kota Pahlawan yang layak diusulkan sebagai cagub ke DPD PDIP Jawa Timur. "Tak hanya itu, selama dua periode kepemimpinannya menjadi wali kota di Surabaya, kinerja Bu Risma tidak diragukan lagi," ujarnya.

Dengan pertimbangan prestasi gemilang yang diraih Risma ini, Syaifudin mengaku sangat yakin jika DPP PDIP pasti akan menjatuhkan rekomendasinya kepada wali kota perempuan pertama di Kota Pahlawan tersebut.

"Apalagi, hasil survei menjelang Pilkada Jatim 2018, termasuk tinggi dan selisihnya tidak jauh dari bakal cagub Jatim petahana Syaifullah Yusuf (Gus Ipul)," ucap politikus akrab disapa Kaji Ipuk ini.

Memang Risma dalam berbagai kesempatan menyatakan akan tetap fokus pada kerjanya sebagai wali kota Surabaya alias tidak ingin menjadi cagub. Meski begitu, kata Syaifudin, DPC PDIP akan tetap mendaftarkan Risma.

"Bu Risma tidak punya hak menolak atau mengiyakan. Partai punya pertimbangan lain, baik dari hasil survei maupun kajian tertentu sebagai penentu memberikan rekomendasi," tegasnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO