HUT Surabaya, ITS Kado Perahu Wisata EBS

HUT Surabaya, ITS Kado Perahu Wisata EBS Perahu EBS karya mahasiwa ITS.

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Menyambut hari jadi kota Surabaya ke-724, Pemkot Surabaya mendapat kado istimewa dari ITS. Kado itu ialah perahu autonomos EBS, perahu wisata yang menggunakan energi tenaga surya. Perahu merupakan rancangan dari mahasiswa ITS.

Diberi nama EBS merupakan kepanjangan dari Edukasi Boat Surabaya (EBS). Perahu yang dibuat kerjasama dengan provider terbesar ini diharapkan bisa memberi mengedukasi warga.

"Perahu dirancang untuk keperluan wisata sungai, sekaligus untuk keperluan edukasi. Perahu merupakan hasil karya tiga jurusan mahasiswa ITS, yakni jurusan teknik fisika, teknik kelautan dan teknik design produk,"ujar DR. Ir Totok Soehartanto, DEA, Kepala Workshop Instrumentasi Teknik Fisika ITS.

Selain dipakai untuk keperluan wisata sungai, perahu ini juga dilengkapi sistem pengukuran dan pengendalian. Perahu, menurut Totok, dirancang dengan dilengkapi sistem alat pendeteksi kualitas udara di atas sungai dan kondisi pencemaran air sepanjang jalur sungai yang dilewati.

Kelebihan yang lain kata Totok, perahu ini sudah dilengkapi dengan autonomos. Artinya kapal ini bisa dijalankan tanpa navigasi, yakni cukup dimonitoring lewat layar monitor.

“Perahu ini akan kita serahkan ke Pemkot Surabaya saat hari jadi kota Surabaya. kita serahkan sekaligus seremoni sebagai kado HJKS yang ke 724,” ujar Totok.

Perahu juga mampu mendeteksi jarak. Kecepatan di design 2 knot, karena jalur yang sangat sempit dan jembatan yang rendah. Kapasitas angkutnya berjumlah 12 orang ditanbah 1 orang guidence dan 1 nahkoda, jelasnya

“Perahu ini juga dilengkapi dengan 2 layar monitor yang bisa dimasukkan konten yang diperlukan untuk memperkenalkan kota Surabaya pada penumpang,” tukas Totok.

Keselamatan penumpang juga menjadi perhatian utama. Untuk itu perahu wisata EBS ini sudah dilengkapi dengan pelampung yang wajib digunakan penumpang saat naik perahu EBS ini. (yul/ns)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO