Khofifah Temui Hasan Aminudin, PKB Dukung Gus Ipul, Cak Imin: Maaf Pendukung Pak Halim

Khofifah Temui Hasan Aminudin, PKB Dukung Gus Ipul, Cak Imin: Maaf Pendukung Pak Halim Ketum DPP PKB Muhaimin Iskandar memberikan keterangan seputar dukungan partainya kepada Saifullah Yusuf.

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Ketua Umum DPP Muhaimin Iskandar (Cak Imin) minta pendukung-pendukung Ketua DPW PKB Jatim Halim Iskandar bersabar. Ini disampaikan saat memberikan sambutan dalam Musyawarah Kubro Ulama dan Kiai Pengasuh Se-Jawa Timur di Pesantren Progresif Bumi Salawat, Kamis (25/5).

"Kepada pendukung Pak Halim harus sabar, kompak dulu, bersatu dulu," ujar Cak Imin.

Ia juga menceritakan, semalam dirinya telah menelepon sang kakak. Ia meyakinkan kakaknya agar mau menerima keputusan, calon gubernur yang diusung PKB adalah Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

"Saya sudah menelepon Pak Halim. Dia legowo dan menerima keputusan para kiai," terangnya.

Sebelumnya, KH Anwar Iskandar (Ponpes Al Amin, Ngasinan, Kediri) menyebutkan dalam salah satu poinnya yang dibahas dalam pertemuan para masayikh lima hari yang lalu.

"Para kiai suyukh menginginkan dua hal. Yakni ingin satu nama yang sudah disiapkan sejak lama yaitu Saifullah Yusuf untuk menjadi eksekutif sebagai Gubernur Jawa Timur," paparnya.

Kemudian lainnya, para masayikh menginginkan Muhaimin Iskandar tetap menjadi pemimpin partai, dan Halim tetap sebagai legislatif.

Selanjutnya, Muhaimin akan berkomunikasi lebih lanjut kepada para DPC se-Jawa Timur untuk tetap satu suara mengusung Gus Ipul. "Dalam waktu dekat pula, akan mengeluarkan surat DPP resmi menyatakan Gus Ipul sebagai calon PKB," ujarnya.

Sehari sebelumnya, Cak Imin, sapaan akrab Muhaimin Iskandar menghadiri acara Silaturahim Masyayekh se-Tapal Kuda Jawa Timur di Pesantren KH Zainul Hasan Genggong, Desa Genggong, Kecamatan Pajarakan, Kabupaten Probolinggo, Rabu (24/5/2017) siang.

"Tadi dalam pertemuan informal sebelum pertemuan resmi saya sudah berusaha meyakinkan kepada para kiai agar Pak Halim jadi calon gubernur dari PKB. Sudah saya sampaikan dalam bermusyawarah termasuk argumentasi kenapa mengusung Pak Halim," katanya.

Namun, para kiai ini tidak sepakat dengan usulannya. Ia menjelaskan, para kiai dan ulama kompak serta sepakat hanya mengusung satu nama yakni Syaifullah Yusuf atau Gus Ipul sebagai cagub.

"Sebagai ketua umum DPP PKB , tentu saya akan taat, mendengarkan dan tunduk terhadap para ulama yang tentu sangat sangat kita muliakan, seperti Kiai Nawawiyah, Kiai Saiful Islam, Kiai Mutawakkil, Kiai Anwar sepakat Syaifullah Yusuf dan masih banyak lagi," ungkapnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO