Jembatan Ambrol di Bandar Kedungmulyo Jombang Diusulkan Dibangun Tahun 2018

Jembatan Ambrol di Bandar Kedungmulyo Jombang Diusulkan Dibangun Tahun 2018

JOMBANG, BANGSAONLINE.com - Jembatan yang ambrol beberapa waktu lalu di Desa Gondang Manis, Kecamatan Bandar Kedungmulyo, Kabupaten Jombang masih diusulkan dibangun pada tahun 2018 mendatang.

Putusnya jembatan ini akibat terkikisnya tanggul yang tergerus aliran sungai. Ambrolnya tanggul di sungai konto yang merupakan buangan lahar dingin gunung Kelud itu, mengancam keselamatan warga setempat. Sebab, jika sewaktu-waktu air sungai meluap tidak menutup kemungkinan akan meluber ke pemukiman warga.

Direktur Sungai dan Pantai, Dirjen Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Heri Suprayugi mengatakan, jembatan yang merupakan akses satu-satunya di desa setempat itu sudah masuk dalam catatan instansinya untuk diperbaiki.

"Untuk pembangunan jembatan permanen, kita usulkan pada tahun 2018 mendatang. Saat ini, kita masih mendesainnya," ujar Heri kepada sejumlah wartawan saat meninjau jembatan ambrol tersebut, Selasa (23/5/2017).

Menurut Heri, hingga kini pihaknya masih melakukan pendalaman untuk pembangunan jembatan tersebut. "Kita cek semuanya, saat ini berapa panjang tanggul sungai konto yang jebol masih dalam perhitungan," ungkapnya.

Di lokasi tersebut, anggota Komis V DPR RI, Sadarestuwati berjanji akan terus mengawal proses pembangunan tanggul kali Konto yang ambrol dan jembatan Gondangmanis yang runtuh. "Karena ini adalah menyangkut kepentingan rakyat banyak. Selanjutnya, kami akan mengawal proses pembangunan jembatan dan tanggul ini sampai tuntas," ujarnya.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO