Koarmatim Uji Coba Eneco Plasma Fusion

Koarmatim Uji Coba Eneco Plasma Fusion

SURABAYA, BANGSAONLINE.com - Komando Armada RI Kawasan Timur (Koarmatim) melaksanakan uji coba Alat Eneco Plasma Fusion, Senin (08/05/2017). Uji coba yang bertempat di gedung Eneco Plasma Fusion Koarmatim, Ujung, Surabaya ini dipimpin langsung oleh Presiden and CEO Eneco Holdings, Yasuhiro Yamamoto.

Alat Eneco Plasma Fusion ini merupakan alat dari perusahaan Eneco Holdings dari Jepang yang mampu memperkecil anggaran, dan dinilai dapat menghemat penggunaan bahan bakar solar serta hasilnya juga dapat digunakan untuk berbagai macam kendaraan berbahan bakar solar. Demikian dijelaskan Yasuhiro.

Mesin tersebut dapat mengolah 50 persen air dan 50 persen solar menjadi bahan bakar yang dapat digunakan pada semua mesin yang menggunakan solar. Dalam waktu 24 jam, mesin ini dapat menampung 12.000 liter air dan solar.

Selain itu, di Jepang sendiri saat ini belum banyak perusahaan yang bisa melakukan pencampuran proses air menjadi bahan bakar karena harus mendapatkan izin atau lisensi dari pemerintah, dan hanya perusahaan Eneco Holdings yang mampu lulus uji lisensi dari pemerintah Jepang.

Teknologi Eneco Plasma Fusion merupakan teknologi yang bisa merealisasikan rasio percampuran air sekitar 70%, baik air ledeng maupun air sumur. Proses penyulingan bahan bakar dilakukan “Plasma Fusion” dengan ditambahkan air kembali pembakaran tidak berubah.

Sementara Komisaris PT. Eneco Holdings. INC Bambang Sulistyo dalam wawancara di hadapan media menyampaikan bahwa peralatan ini murni dihibahkan kepada TNI AL.

"Sistem kerja peralatan ini mempunyai secara sistematik antara air dan solar dengan hasil 100% hasil solar. Dan apabila yang dihasilkan mempunyai masalah, pihak kami akan mengasuransikan satu juta US. Alat ini hanya dipakai untuk mesin diesel, serta rencana peralatan ini untuk pertama kalinya di Armatim sangat bermanfaat untuk digunakan sebagai bahan bakar KRI," terang Bambang.

Acara uji coba ini dimulai dengan syukuran potong tumpeng oleh Yasuhiro Yamamoto yang diserahkan kepada Kepala Dinas Material Perbekalan (Kadismatbek) Koarmatim Kolonel Laut (T) Budiyono.

Hadir dalam acara tersebut, Kadismatbek Koarmatim, Letkol Laut (KH/W) Uciek Darmayani yang sehari-harinya menjabat sebagai Pamen Slog Koarmatim, dan seluruh staf Eneco Holdings beserta undangan. (*)

Sumber: *Dispen Armatim

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO