Waspadai Kemunculan Buaya Muara di Sungai Grindulu Pacitan

Waspadai Kemunculan Buaya Muara di Sungai Grindulu Pacitan Warga menangkap anak buaya muara. foto: ilustrasi

PACITAN, BANGSAONLINE.com - Masyarakat yang suka mencari ikan di bantaran kali Grindulu, diimbau lebih waspada lagi. Sebab kemunculan muara bisa saja kembali terjadi. Hal ini setelah adanya penemuan anak beberapa waktu lalu. Anak muara itu ditemukan salah satu pencari ikan tersangkut di jaring.

Penemuan anak ini mengindikasikan bahwa di sungai Grindulu juga terdapat induk meski sampai detik ini keberadaannya masih misterius.

Meski begitu, Kabid ‎Perikanan Tangkap Dinas Perikanan , Bambang Mahaendrawan, meminta agar masyarakat tidak resah.

"Sejarah menyatakan kalau selama ini Sungai Grindulu tidak pernah ada muara. Yang ada sidat (gateng). Menurut para sesepuh, sungai di Jawa yang bermuara di pantai Jawa memang berpotensi adanya habitat . Namun kalau bermuara di laut selatan yang ada gateng," kata Bambang membantah kasak-kusuk kemunculan di Sungai Grindulu, Senin (8/5).

Selain fakta sejarah, menurut Bambang, kemungkinan kalau muara sampai beranak-pinak di kali Grindulu sangat kecil. Sebab habitat hewan melata itu hanya ada di Australia. "Sehingga diukur dari jarak, sangat kecil kemungkinan kalau sampai bermigrasi ke ," jelasnya.

Kendati begitu, pejabat eselon IIIB ini tetap mengimbau masyarakat selalu waspada. Pihaknya mengatakan akan kembali menyusuri informasi tersebut.

"Bisa saja ada masyarakat yang mendapatkan anak dari daerah lain, lantas melepasnya di sungai. Ini juga berpotensi hewan melata ini berkembang biak," tegas Bambang.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten , Tri Mujiharto menambahkan, agar kewaspadaan bukan hanya terhadap kemunculan muara, namun juga kondisi cuaca. Sebab dengan kondisi seperti ini masih berpotensi terjadi bencana banjir.

"Karena itu bagi masyarakat yang suka mencari ikan di pinggir sungai, kami imbau tetap waspada," timpalnya di tempat terpisah. (yun/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO