Sempat Dititipkan, 14 Tahanan Dikembalikan ke Rutan Polres Blitar

Sempat Dititipkan, 14 Tahanan Dikembalikan ke Rutan Polres Blitar Tahanan Polres Blitar saat dikembalikan ke ruang tahanan

BLITAR, BANGSAONLINE.com - Sebanyak 14 tahanan yang sebelumnya dititipkan di lembaga pemasyarakatan kelas II Blitar, kembali dibawa ke ruang tahanan Mapolres Blitar. Menggunakan mobil tahanan, keempat belas tahanan tersebut dipindahkan dari Lapas kelas II Blitar sekitar pukul 10.00 WIB.

Pemindahan itu nampak mendapatkan pengawalan ketat dari personil kepolisian. Mulai dari Lapas kelas II Blitar yang ada di Kota Blitar, menuju ke Mapolres Blitar di Jalan Raya Talun Kabupaten Blitar yang berjarak sekitar 17 kilometer.

Kapolres Blitar AKBP Slamet Waloya mengatakan, empat belas tahanan tersebut akan kembali menempati ruang tahanan di Mapolres Blitar, setelah dilakukan perbaikan di ruang tahanan selama beberapa hari terakhir. Sebelumnya ada 31 tahanan yang dititipkan di Lapas kelas II Blitar. Namun hanya empat belas tahanan yang kembali ke ruang tahanan Mapolres Blitar. Mereka adalah tahanan yang masih harus menyelesaikan proses pemeriksaan di Mapolres Blitar. Sedangkan sisanya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan sehingga tidak dikembalikan ke Mapolres Blitar.

"Ada empat belas tahanan yang dikembalikan ke duang tahanan di Mapolres Blitar karena sisanya kasusnya sudah dilimpahkan ke Kejaksaan, " tutur AKBP Slamet Waloya, Rabu (03/05).

Lanjut AKBP Slamet Waloya, pihaknya telah melakukan perbaikan di ruang tahanan dengan menambahkan 10 CCTV, penguatan dinding serta jeruji tahanan. Hal itu sesuai dengan arahan Kapolda Jawa Timut agar kasus tahanan kabur seperti yang terjadi di Kabupaten Malang beberapa waktu lalu tidak kembali terulang didaerah lain.

"Sesuai arahan Kapolda Jatim, selama tahanan dititipkan di Lapas telah dilakukan audit dan pengecekan ruang tahanan. Setelah itu dilakukan perbaikan di beberapa sisi serta penambahan CCTV untuk menghindari adanya tahanan yang kabur, serta memaksimalkan pemantauan," tegasnya.

Berdasarkan pantauan wartawan di Mapolres Blitar, pemindahan tahanan itu berjalan lancar. Rombongan tiba di Mapolres Blitar sekitar pukul 11.00 wib. Dan langsung kembali ditempatkan di ruang tahanan. (blt1/tri/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO