Bupati Sambari Optimis Desa Sambogunung Dukun Sabet Juara di Lomba PHBS Nasional

Bupati Sambari Optimis Desa Sambogunung Dukun Sabet Juara di Lomba PHBS Nasional Bupati Sambari dan Wabup Qosim saat mendampingi tim penilai lomba PHBS dari pemerintah pusat. foto: SYUHUD/ BANGSAONLINE

GRESIK, BANGSAONLINE.com - Desa Sambogunung Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik berpeluang untuk maju ke tingkat Nasional mewakili Provinsi Jawa Timur dalam lomba Kesatuan Gerak PKK, Keluarga Berencana dan Kesehatan kategori Penerapan Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Saat ini Desa Sambogunung telah menjadi nominator pemenang setelah tim Penilai dari Jakarta yang dipimpin oleh drg. Laksmi Dwi Astuti dan rombongan datang untuk melakukan penilaian lapangan, Kamis (27/4/2017).

Kedatangan mereka langsung disambut oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Wakil Bupati Moh. Qosim serta sejumlah kepala OPD (Organisasi Perangkat Daerah) terkait serta masyarakat desa setempat di pendopo balai Desa Sambogunung.

Bupati Sambari menjelaskan, bahwa sejak tahun 1976, Desa Sambogunung sudah menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Sehingga tak heran jika Desa Sambogunung mampu menjadi nominator untuk maju ke tingkat Nasional dalam lomba Kesatuan Gerak PKK kategori PHBS tahun ini.

“Kami akui bahwa Desa Sambogunung sudah membiasakan diri untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sejak tahun 1976 silam. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan sertifikat penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Kabupaten Gresik kepada Desa Sambogunung,” ujarnya.

Tidak hanya itu, lanjut dia, masyarakat Desa Sambogunung telah mampu mengaplikasikan sepuluh indikator PHBS. “Di antaranya adalah 100 persen persalinan telah ditangani oleh Tenaga Kesehatan, 100 persen bayi menerima asupan ASI Eksklusif, 100 persen bayi dan balita mengikuti program posyandu, warga dapat menikmati air bersih dan masyarakat Desa Sambogunung sudah menerapkan kebersihan jamban melalui program Jamban Sehat,” terangnya.

Oleh sebab itu, tambah Bupati, Pemerintah Kabupaten Gresik optimis Desa Sambogunung dapat meraih nilai terbaik dalam lomba Kesatuan Herak PKK, Keluarga Berencana dan kesehatan yang bergengsi tersebut.

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO