Pemkab Ponorogo segera Salurkan Pupuk Organik Gratis

Pemkab Ponorogo segera Salurkan Pupuk Organik Gratis Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo, Nur Nahudi.

PONOROGO, BANGSAONLINE.com - Pemkab Ponorogo akan segera menyalurkan pupuk organik gratis kepada para petani sebagai salah satu program mengembalikan kesuburan tanah. Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Ponorogo, Nur Nahudi di ruang kerjanya, Senin (10/4).

Menurut Nur Nahudi, saat ini masih dalam proses lelang untuk pengadaan pupuk organik tersebut. “Untuk anggaran yang kita sediakan untuk pengadaan pupuk organik tahun ini sebesar Rp 21 miliar,” jelas Nur Nahudi.

Sesuai dengan arahan bupati, saat ini pupuk organik tersebut akan diberikan gratis dengan volume 5 liter setiap hektare lahan pertanian. Nantinya akan dicampur dengan pupuk kimia seperti urea, ZA, dan lain sebagainya. Targetnya musim tanam kemarau bulan April dan Mei ini akan segera terealisasi.

“Harapannya dengan pemberian bantuan pupuk organik gratis ini sedikit mengurangi biaya produksi petani, sehingga menambah keuntungan bagi mereka. Selain itu, sedikit mengurangi pencemaran tanah atau mengembalikan unsur hara dalam tanah pertanian,” ujar Nur.

Sedikit demi sedikit tanah pertanian di Ponorogo akan dikembalikan dengan terus mengurangi penggunaan pupuk kimia dan sebaliknya menambah penggunaan pupuk organik. Namun ini semua perlu waktu dan pendampingan yang terus menerus.

“Harapan kami dengan penggunaan pupuk organik ini dalam jangka panjang kita akan mewariskan lahan pertanian yang tetap subur kepada anak cucu. Sedangkan produk pertanian yang dihasilkan juga menambah kesehatan kita karena makanan yang dimakan tidak mengandung zat kimia,” pungkas Nur Nahudi. (yah/rd)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO