Usai RSUD, Empat Puskesmas di Sidoarjo Menyusul Terapkan Alamak

Usai RSUD, Empat Puskesmas di Sidoarjo Menyusul Terapkan Alamak Kissowo Sidi disaksikan Medi Yulianto menyerahkan akta kelahiran dan KK kepada orang tua bayi yang dilahirkan di Puskesmas Wonoayu, Selasa (4/4). foto: kominfo sda

SIDOARJO, BANGSAONLINE.com - Empat Puskesmas di Kabupaten Sidoarjo mengawali penerapan layanan Anak Lahir Membawa Akta Kelahiran dan Kartu Keluarga (Alamak). Empat puskesmas ini, Puskesmas Sidoarjo, Wonoayu, Taman dan Puskesmas Tarik. Semua puskesmas di Kabupaten Sidoarjo nantinya juga akan menerapkan inovasi pelayanan di bidang kependudukan ini.

Penerapan Alamak oleh Puskesmas dilaunching di Puskesmas Wonoayu, Selasa (4/4). Program terobosan Dispendukcapil Sidoarjo ini ditandai dengan menyerahkan Akta Kelahiran dan KK oleh Asisten Administrasi Umum Kissowo Sidi kepada orang tua bayi yang lahir di Puskesmas Wonoayu. Sebelumnya, Alamak telah diterapkan di RSUD Sidoarjo.

Menurut Kissowo Sidi, program ini memudahkan masyarakat dalam memperoleh akta kelahiran dan KK. Setiap ibu yang baru melahirkan, bayinya langsung mendapatkan akta kelahiran. Nama si bayi juga langsung tercantum di KK.

“Semuanya gratis tanpa dipungut biaya,” cetusnya menyebut program ini bagian dari bentuk komitmen Pemkab Sidoarjo kepada masyarakat.

Kepala Dispendukcapil Sidoarjo Medi Yulianto menambahkan, Alamak akan diterapkan di seluruh puskesmas di Sidoarjo. Inovasi ini mempercepat waktu pengurusan akta kelahiran dan KK. Semula butuh 14 hari bagi masyarakat yang mengurus di kantor Dispendukcapil. Namun melalui Alamak, akta kelahiran dan KK diberikan langsung setelah bayi lahir.

Guntur Sudirman, yang mendapatkan Alamak, senang karena tidak kerepotan mengurus akta kelahiran bagi anaknya. Sebab ia tidak perlu lagi mengurus akta kelahiran putrinya ke Kantor Dispendukcapil. Namun cukup mengurus berkas di Puskemas tempat istrinya melahirkan.

“Saya pulang bersama bayi saya dengan membawa akta dan KK,” ucap Guntur Sudirman. (sta/rev)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Berita Terkait

BANGSAONLINE VIDEO